Indonesia Lolos Dalam Kualifikasi Piala Asia 2021

Nasional719 Views
Indonesia Lolos Dalam Kualifikasi Piala Asia 2021
Logo Piala Asia FIBA. (Federasi Bola Basket Asia/FIBA)

TangselMedia – Tim Nasional bola basket Indonesia berhasil lolos ke fase kualifikasi Piala Asia FIBA tahun 2021 usai memastikan tempat di empat besar prakualifikasi zona timur. Indonesia tidak tergeser statusnya sebagai empat tim terbaik zona timur setelah menaklukkan Singapura dengan skor 67-57 dalam laga terkini yang digelar di Stadium 29, Thailand, Jumat. “Puji Tuhan kami bisa menang dan lolos ke kualifikasi Piala Asia. Posisi empat besar ini memang target kami,” ujar pelatih timnas Indonesia Fictor Roring ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Jumat.

Timnas bola basket Indonesia saat ini berada di posisi keempat klasemen sementara prakualifikasi zona timur Piala Asia 2021 dengan enam poin. Peringkat itu tidak akan tergeser oleh dua tim di bawahnya yakni Singapura serta Macau yang masing-masing berpoin empat dan tiga. Singapura dan Macau akan saling berhadapan pada laga terakhir, Sabtu (1/12), dan apapun hasil laga tersebut tidak akan memengaruhi posisi Indonesia.

Selain Indonesia, tiga tim lain yang lolos ke kualifikasi Piala Asia 2021 dari prakualifikasi wilayah timur yaitu Guam, Malaysia dan Thailand. Meski sudah memastikan tempat di kualifikasi Piala Asia, Fictor Roring menyebut skuatnya masih memiliki kekurangan terutama dari sisi kesalahan atau turnovers.  Pemain timnas, lanjut Fictor, terkadang melakukan tindakan ceroboh meski tidak dalam tekanan lawan.

Baca Juga  Tahun Ini Penjualan Hewan Kurban Diprediksi Naik Hingga 10%

Pelatih yang akrab disapa Ito itupun meminta hal itu tidak terulang dalam laga terakhir kontra Thailand, Sabtu (1/12/2018), yang tidak lagi menentukan bagi kedua tim. “Kami harus fokus dan konsentrasi sepanjang laga,” ujar dia.

Timnas Indonesia sendiri ditargetkan lolos ke putaran final Piala Asia 2021 demi tampil di Piala Dunia pada tahun 2023, di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah bersama Jepang dan Filipina. FIBA mewajibkan Indonesia berada di posisi delapan besar Piala Asia 2021 agar dapat tampil di putaran final Piala Dunia tahun 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *