Teknik Industri Universitas Pamulang Gelar Semnasti 2022

TangselMedia-Kecerdasan buatan atau istilah kerennya AI (Artificial Intelligence) memang bukan hal yang baru, namun perkembangannya selalu menjadi sesuatu yang menarik perhatian.  AI tidak selalu berupa asisten virtual maupun robot, namun lebih luas lagi AI bisa diterapkan dalam berbagai hal dengan menekankan pada kecerdasan mesin yang bisa memberikan respon layaknya manusia.

Mengingat pentingnya peranan AI dalam kehidupan khususnya pada bidang Industri, maka Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang menggelar seminar online dengan tema “Perancangan Artificial Intelligence Dalam Pengembangan Industri Terintegrasi Berbasis Hybrid System”. Dari tema yang diusung, maka sudah jelas bahwa tujuan dari seminar ini adalah untuk memberikan bekal kompetensi kepada mahasiswa terkait dengan AI dan Hybrid System. Seminar yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 Agustus 2022 ini, menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang AI serta Hybrid System yaitu Prof.Dr. Udisubakti Ciptomulyono M.EngSc. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Dr. Reazul Haq Bin Abdul Haq dari Universiti Tun Hussien Onn Malaysia (UTHM). Sedangkan sebagai moderator seminar yaitu Dr. Eng. Ir. Mairizal, S.T., M.T., IPU.

Kegiatan Seminar kali ini juga dihadiri oleh ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. (HC). Drs. H. Darsono, jajaran rektorat, Dekan fakultas teknik Bapak Syaiful Bakhri S.T., M.Eng., Sc., Ph.D., Ketua Program Studi Teknik Industri Ibu Rini Alfatiyah, S.T., M.T., CMA. dan beberapa pejabat struktural di lingkup Universitas Pamulang.

Setelah dimulai oleh MC, Kegiatan seminar diawali dengan laporan oleh ketua panitia seminar Bapak Rusmalah, S.T., M.T., dilanjutkan sambutan oleh ketua Program Studi Teknik Industri, Dekan fakultas Teknik, Ketua Yayasan Sasmita Jaya dan terakhir adalah sambutan dari rektor  Universitas Pamulang Dr. E. Nurzaman AM, M.M., M.Si sekaligus membuka kegiatan Semnasti 2022.

Dalam sambutannya ketua Yayasan Sasmita Jaya memberikan apresiasi kepada Program Studi Teknik Industri atas terselenggaranya seminar kali ini. Beliau menyampaikan bahwa seminar semacam ini penting peranannya untuk peningkatan pengetahuan dan kemampuan Mahasiswa supaya tidak tertinggal oleh teknologi sehingga mampu bersaing di dunia Industri.

Baca Juga  Motor Terbakar, Ketika Sedang Dikendarai di Jalan Ki Hajar Dewantara, Ciputat

Prof.Dr. Udisubakti Ciptomulyono M.EngSc. dalam pemaparannya lebih menekankan bagaimana peran penting AI dalam kehidupan. Beliau menyampaikan bahwa pada era revolusi 4.0 peranan AI sangat nyata dalam kehidupan sehari-hari terutama pada bidang industri. Peranan AI dalam dunia industri mampu memberikan solusi terbaik terkait dengan efektivitas dan efesiensi proses. Dengan  mempercepat proses dan mengurangi limbah yang dihasilkan dari proses produksi.

Sedangkan Dr. Reazul Haq Bin Abdul Haq menjelaskan bahwa AI adalah penggabungan berbagai macam metode antara lain pemecahan masalah, kreatif dalam bidang rekayasa tahapan dalam artificial intelegent adalah pendefinisian rule based system, konteks dalam pendefinisian dan penyimpanan data, spesifik data, algorithm system, general artificial intelegent, artificial super intelligent, dan kebutuhan manusia. Dimana tahapan sekarang adalah dalam pembuatan general artificial intelegent AlphaGo (Go) and AlphaStar (StarCraft). Type artificial intelegent yang pertama adalah reaktif mesin dimana suatu mesin learning akan memproses suatu input menjadi sebuah output. Kemudian yang kedua adalah keterbatasan memory dimana data yang diambil adalah inputan data kasus yang nanti akan dijadikan data prediction. Dimana AI akan sangat kompleks dengan penyimpanan data memory sebagai pengolahan memory sort term. Selanjutnya yang ketiga dan keempat adalah Theory of mind dan self aware.

Setelah dilakukan tanya jawab antara peserta dengan narasumber, kegiatan seminar ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan diakhiri dengan foto bersama dengan semua peserta seminar. Semoga kegiatan seminar seperti ini dapat dilaksanakan secara kontinyu guna memberikan bekal pengetahuan kepada seluruh Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang.***

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *