Informasi Peta Tangerang Selatan Terlengkap

Nasional 0
Informasi Peta Tangerang Selatan Terlengkap

foto: peta-hd.com

TangselMedia – Kali ini akan mengulas habis mengenai Informasi Peta Tangerang Selatan Terlengkap merupakan informasi dimana akan menyajikan beberapa ulasan informasi mengenai kota tangerang selatan dan beberapa kota yang ada didalamnya, penasaran bukan? yuk simak terus informasinya di bawah ini.

Kota Tangerang Selatan yang biasa disingkat Tangsel merupaka sebuah kota yang terletak di tatar pasundan yang ada di provinsi banten, indonesia. Kota ini adanya terletak di 30 kilometer sebelah barat dari jakarta dan 90 kilometer sebelah tenggara dari serang, ibu kotanya adalah provinsi banten.

Kota tangerang selatan ini berbatasan dengan kota tangerang di sebelah utara, kabupaten bogor di sebelah selatan, kabupaten tangerang di sebelah barat dan DKI Jakarta di sebelah timur.

Dari segi jumlah penduduknya, tangerang selatan merupakan salah satu kota terbesar kedua yang ada di provinsi banten setelah kota tangerang dan merupakan terbesar kelima di daerah kawasan Jabodetabek setelah jakarta, bekasi, tangerang dan depok. Dan wilayah kota tangerang selatan merupakan hasil perluasan dari kabupaten tangerang.

foto: detaktangsel

Selanjutnya adalah letak geografis pada Informasi Peta Tangerang Selatan Terlengkap ini terletak di bagian timur pada provinsi banten yaitu pada titik koordinat 106’38’ – 106’47’ Bujut Timur dan 06’13’30’ – 06’22’30’ Lintang Selatan.

Wilayah tangsel diantaranya dilintasi oleh kali angke, kali pesanggerahan dan sungai cisadanse yang dijadikan sebagai batas administrasi kota di sebelah barat. Pada tangerang selatan letak geografis di peta dapat kita ketahui berbatasan dengan provinsi DKI Jakarta pada sebelah utara dan timur yang memberikan peluang kpeada kota tangerang selatan sebagai salah satu daerah penyangga dari pada kota provinsi DKI Jakarta, selain itu tangerang selatan juga menjadi daerah yang menghubungkan provinsi banten dengan DKI jakarta, juga kota ini menjadi salah satu daerah yang menghubungkan provinsi banten dengan provinsi jawa barat.

Informasi mengenai Topografi pada tangerang selatan, Sebagian besar wilayah kota Tangerang Selatan adalah dataran rendah dan memiliki topografi yang datar dengan kemiringan tanah perkiraan rata-rata 0 – 3% sedangkan ketinggian wilayah tangerang selatan antara 0 – 25 meter dpl ( di atas permukaan laut ). Untuk kemiringan garis besar terbagi dari 2 bagian yaitu pada kemiringan antara 0 – 3 % meliputi kecamatan ciputat, kecamatan ciputat timur, kecamatan pamulang, kecamatan serpong dan kecamatan serpong utara dan pada kemiringan berikutnya yaitu antara 3 – 8 % meliputi kecamatan pondok aren dan kecamatan setu.

foto : wikipedia

Informasi mengenai Geologi pada kota tangerang selatan merupakan daerah yang relatif datar. Di kota tangerang selatan ini kita ketahui ada beberapa kecamatan yang memiliki lahan yang bergelombang seperti di perbatasan antara kecamatan setu dan kecamatan pamulang serta sebagian di kecamatan ciputat timur. Kondisi geologi tangerang selatan umumnya adalah batuan alluvium yang terdiri dari atuan lempung, lanau, pasir, kerikil, kerakal dan bongkah. Jenis batuan ini mempunyai tingkat kemudahan dikerjakan yang baik sampai sedang, dan unsur ketahanan terhadap erosi cukup baik yang menjadikan wilayah kota tangerang selatan masih cukup layan untuk dijadikan sebagai kegiatan perkotaan.

Baca Juga  Strategi Menata Rumah Sempit Jadi Lapang

Dilihat dari jenis tanahnya, pada umumnya di tangerang selatan berupa asosiaso latosol merah dan latosol coklat kemerahan yang secara umum cocok untuk pertanian atau perkebunan. Meskipun yang terjadi adalah demikian, kenyataan yang sebenarnya malah makin banyak yang berubah penggunaan untuk kegiatan lainnya yang bersifat bukan pertanian, seperti cotnhonya sebagian wilayah serpong dan setu. Jenis tanah ada yang mengandung pasir khususnya yang berada di dekat sungai cisadane.

foto: kompasiana

Informasi iklim di daerah tangerang selatan berdasarkan dari penelitian di stasiun geofisika tangerang pada tahun 2010, yaitu berupa data temperatur suhu udara, kelembaban udara dan intensitas matahari, curha hujan dan rata-rata kecepatan angin. Temperatur udara berada disekitar 23,4 celcius – 34,2 celcius dengan temperatur udara minimum berada di bulan oktober sebesar 23,4 celcius dan temperatur udara maksimum di bulan januari yaitu sebesar 4,2 celcius. Rata-rata kelembaban udaranya adalah 80% sedangkan intensitas matahari adalah 49%. Keadaan curah hujan yang terjadi tinggi pada bulan januari yaitu 264,4 mm, sedangkan curah hujan dalam setahun adalah 154,9mm. dan kecepatan rata-rata angin pertahun di kota tangerang selatan dalam setahun adalah 4,9 km/jam dan kecepatan maksimumnya adalah 38,3 km/jam.

Sekian artikel kami mengenai Informasi Peta Tangerang Selatan Terlengkap semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca, dan menambah wawasan agar lebih luas mengenai kota tangerang selatan bagaimana tentang seluk-beluk kota tangerang selatan yang belum diketahui tentunya bisa menyimak lengkap ulasan dari kami. Semoga bermanfaat!

Tags:

Related Posts

Leave a Reply