PKM Unpam Berikan Pengenalan dan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Media Tanam Aquaponik

TangselMedia-Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam kelompo Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), melakukan kegiatan edukasi kepada siswa-siswi, Guru dan para Staff SD Chandra Buana, Bogor untuk ”Pengenalan dan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Media Tanam Aquaponik” pada Selasa, 20 Februari 2024. Kegiatan Tersebut di lakukan oleh 5 orang Mahasiswa yang di ketuai oleh Abdul Muis dan beranggota dari Fakultas Teknik Mesin universitas Pamulang. Dalam kegiatannya berkerja sama dengan SD Chandra Buana, Bogor.

Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu sebagai upaya menambah kreatifitas Siswa/i dalam pemanfaatan Aquaponik, serta upaya menambah pengetahuan ajaran kepada siswa/i dengan cara melakukan pengenalan dan praktek langsung oleh siswa/i di SD Chandra Buana tersebut.

Kegiatan PKM ini di laksanakan dengan beberapa rangkaian acara pertama-tama pembukaan yang di lakukan oleh MC dan Sambutan Kepala Sekolah Bapak Misniono S.Pd.i, M.M. Serta sambutan oleh ketua pelaksana mahasiswa Universitas Pamulang mengucapkan Terimakasih kepada SD Chandra Buana telah memberikan izin dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dan juga semoga acara berjalan dengan lancar.

Baca Juga  Koperasi Cipta Boga bersama UPH Gelar Pelatihan Pemandu Ekowisata Untuk Warga Keranggan

Acara ini di mulai dengan perkenalan apa itu Aquaponik, manfaatnya apa, kelebihan dan kekurangannya, serta tak lupa juga untuk memberi peluang kepada siswa/i untuk melakukan praktek secara langsung. Mulai dari penyemaian, penanaman, pencocokan ikan yang bagus untuk menjadi pupuk aquaponi. Tujuannya agar siswa/i dapat memahami betul bagaimana menanam sayuran dengan media Aquaponik.

Dengan adanya kegiatan seperti ini mereka berharap siswa/i dapat memahami bahawa pembuatan aquaponik ini dapat di buat dari barang bekas, dan juga memahami bagaimana proses Aquaponik ini berjalan.***

Kontributor : Abdul Muis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *