Tingkatkan SDM Pada Siswa SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang, Mahasiswa Teknik Mesin Unpam Sosialisasikan Las SMAW

TangselMedia-Pendidikan memiliki peranan penting dalam proses peningkatan sumber daya manusia yang lebih baik. Sektor ini menjadi salah satu penentu dalam penilaian tinggi-rendahnya kualitas sumber daya manusia. Padahal kualitas sumber daya manusia yang baik dapat meningkatkan ekonomi suatu bangsa dan negara.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat atau disingkat menjadi PKM adalah suatu program yang didirikan oleh Universitas Pamulang sebagai standar kelulusan yang sama dengan kegiatan KKN di Universitas lain. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya atau wadah kepedulian mahasiswa terhadap lingkungannya, sehingga dapat menciptakan keeratan antara mahasiswa dan kehidupan bermasyarakat.

Universitas Pamulang mewajibkan kegiatan ini meskipun mahasiswa tersebut adalah mahasiswa dari kelas karyawan. Universitas Pamulang ingin mewujudkan sebagai perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa berkualitas dan sesuai standarisasi sehingga bisa bersaing dengan kualitas mahasiswa universitas lain. Tentunya mahasiswa kelas karyawan dari Universitas Pamulang dapat menjadikan nilai lebih karena bisa menjadi motivasi masyarakat dalam pelaksanaan kuliah sambil bekerja dan bisa memiliki banyak pengalaman didunia kerja serta yang dipelajari dari universitas, lalu bisa diterapkan kepada masyarakat.

 

Mahasiswa kelas karyawan teknik mesin Universitas Pamulang bersama SMK Sasmita Jaya 2 bekerja sama untuk meningkatkan sumber daya manusia dari siswa SMK Sasmita Jaya 2. Dengan program pengabdian kepada masyarakat dari universitas pamulang kerja sama ini tercipta dan menghasilkan beberapa program salah satunya adalah pengenalan dan pelatihan las SMAW.

Baca Juga  Mahasiswa Unpam Berikan Inovasi Varian Rasa Keripik Singkong dan Keripik Pisang di Rumpin, Bogor

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2023 lalu, siswa diberikan materi tentang pengelasan SMAW oleh salah satu mahasiswa. Dilanjutkan dengan praktek proses pengelasan yang dibimbing oleh mahasiswa lainnya.

Tak hanya itu siswa juga diajak dalam pembuatan portal yang mana adalah salah satu program kerja yang lain sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga fasilitas sekolah. Siswa SMK Sasmita Jaya 2 dan mahasiswa Universitas Pamulang membuatĀ  portal untuk akses masuk mobil ke lapangan pribadi yayasan sasmita sebagai pemanfaatan dalam menjaga lapangan dan akses siswa dalam pembelajaran setir mobil.

Selain dari program itu, mahasiswa kelas karyawan teknik mesin universitas pamulang juga membantu dalam penambahan fasilitas lain seperti pintu dan gerbang menggunakan proses pengelasan SMAW yang nantinya akan digunakan oleh warga sekolah SMK sasmita jaya 2.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *