Sekolah Alam Bintaro, Rimbun dan Berkarakter

TangselMedia – Terletak di Jalan Pondok Pucung Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, SekolahAlam Bintaro dibangun dengan konsep yang menekankan 4 pokok materi pendidikan. Akhlaqur Karimah, Falsafah ilmu pengetahuan, Leadership dan Entrepreneurship. Suasana lingkungan pendidikan nyaman serta rimbun dengan banyaknya pepohonan menjadikan seperti terlihat bukan sekolah pada umumnya.

SekolahAlam Bintaro adalah bagian jaringan sekolah alam yang tersebar di Indonesia, merupakan kumpulan orang-orang yang menginginkan perubahan dalam konsep pendidikan, memiliki cita-cita dimana seorang anak bersekolah dengan suasana yang menyenangkan. Belajar serta bermain adalah bagian dari dunia anak yang sangat-sangat sulit untuk dipisahkan. Sambil bermain dan sambil bersekolah, sebagai objek sekaligus subjek.

Murid SekolahAlam Bintaro tidak mengenakan seragam konsep pembelajarannya pun di kemas dalam banyak project. “Kurikulum ini diintregasikan dengan pengalaman yang distrukturkan, sehingga apa yang didapat siswa di alam dikembangkan dengan metode tematik (Spider Web) dan Project Based Learning (PBL).” demikian kutipan dari lama resmi sekolah.

Berdiri sejak sekitar 10 tahun, saat ini sudah jauh berkembang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jenjang pendidikan yang ada di SekolahAlam Bintaro mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMp). Jam belajar mengajar aktif secara keseluruhan dari jam 7.30 – 14.30 WIB. Untuk SD sudah Terakreditasi peringkat A tahun 2016.

Konseptor awal SekolahAlam di Indonesia adalah Bapak Lendo Novo “hadirnya Sekolah Alam di Bintaro merupakan oase bagi lahirnya generasi baru dengan visi baru pendidikan anak yang menerapkan sebuah model pendidikan holistik yang memanfaatkan alam semesta sebagai media belajar”. (Jn)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply