KENDO, Sebuah Alternatif Pencegah Tawuran Pelajar

kendoTangselMedia.com –  Kendo adalah sebuah seni beladiri menggunakan pedang yang berasal dari jepang. Namun tidak semua beladiri jepang yang menggunakan pedang disebut dengan kendo. Kendo modern mempunyai sedikit kesamaan dengan “way of the sword” yang digambarkan di televisi atau dalam film – film samurai, salah satunya film The Last Samurai

Walaupun dasar-dasar utama dari kendo dapat dilihat kembali pada masa kuno para prajurit Jepang, kendo dalam bentuknya yang sekarang ini adalah dimaksudkan sebagai penggunaan pedang dan bushido (atau budo) untuk membangun karakter, disiplin, dan rasa hormat. Mengakar kuat pada tradisi dan kebudayaan Jepang, kendo sepatutnya tidak disamakan dengan sebuah bentuk “olahraga” akan tetapi sebagai lebih tepat jika dipandang sebagai sebuah cara hidup. Seorang kendoka (seseorang yang berlatih kendo), pasti akan mengerti bahwa kendo adalah sebuah pengalaman seumur hidup dan hanya dengan melalui kerendahan hati mereka dapat menjaga pikiran tetap terbuka untuk terus belajar.

Namun disini saya tidak akan berbicara mengenai bagaimana cara kendoka menggunakan pedang, mulai dari menusuk, menyabet atau pun bertahan dari serangan musuh dengan menggunakan pedang.
Disini saya hanya tertarik menulis kendo sebagai suatu hal yang bisa di jadikan salah satu alternatif kegiatan positif untuk para remaja, khususnya para pelajar agar waktu mereka tidak habis digunakan hanya sekedar nongkrong di pinggir jalan sambil main gitar, menunggu kelompok pelajar lain lewat lalu saling ledek dan akhirnya berujung pada tawuran pelajar.

Saya membayangkan jika kendo di jadikan salah satu pelajaran extra kurikuler di SMA-SMA se Tangerang Selatan, mungkin bisa mengurangi angka tawuran dikalangan pelajar, bahkan mungkin bisa jadi bagi yang memiliki jiwa liar bisa tersalurkan melalui beladiri ini. jadi di satu sisi hobi berantem dapat tersalurkan dan di sisi lain prestasi juga bisa di dapat hehehe.

Terus dimana bisa ditemukan latihan kendo di Tangerang Selatan? Gampang bro..lo dateng aja ke Hall Utama Jakarta Japan School (JJS) tiap hari minggu, pukul 09.00 ~ 12.00 Jl. Elang, Bintaro Jaya Sektor IX – Perigi Lama, Tangerang Selatan. di sono tempat latihannya para samurai kendo. (FA/rdks)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.