Mahasiswa Unpam Berikan Pelatihan Pembuatan Produk Bolen Pisang Untuk Industri Skala Rumah Tangga

TangselMedia-Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu cara pengamalan ilmu yang sudah ditempuh di bangku perkuliahan terhadap masyarakat dalam rangka mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat memaksimalkan potensi industri berdasarkan sumber daya yang ada.

Dalam hal ini, kami selaku mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi S1 Teknik Industri, melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Ranca kalapa yang langsung disambut baik oleh Ibu Linda Gunawan selaku Kepala Desa Ranca Kalapa serta angota PKK Desa Ranca Kalapa. Dimulai dengan sambutan Ibu Nurhayati, S.H., M.H., selaku dosen pembimbing, dilanjut sambutan dari pihak Desa Ranca Kalapa Bapak Wijaya Selaku Kasi Pemerintahan.

Selanjutnya kegiatan ini buka dan di pandu oleh Elang Darmawan selaku anggota kelompok PKM Mahasiswa Universitas Pamulang sebagai pembawa acara. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua kelompok yaitu Rizki Alfarabi. Pada kesempatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini peserta pengabdi mengangkat sebuah judul mengenai “PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK BOLEN PISANG UNTUK INDUSTRI SKALA RUMAH TANGGA”.

Setelah sambutan dari dosen pembimbing, kepala desa, serta ketua kelompok acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sri Wulan Handa Yani sebagai pemateri, yang disimak baik oleh Anggota PKK. Dimana materi yang di sampaikan meliputi cara pembuatan produk bolen pisan dari awal sampai selesai, serta menghitung nilai jual produk bolen.

Tujuan dalam mensoialisasikan “Pelatihan Pembuatan Produk Bolen Pisang Untuk Industri Skala Rumah Tangga” ini kepada Anggota PKK, ialah untuk menyampaikan tata cara pembuatan bolen pisang dari awal, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di Desa Ranca Kalapa, serta mengembangkan usaha dari skala rumah tangga.

Baca Juga  ITB (Institut Teknologi Bandung) Hari Ini Mewisuda 1.954 Lulusan

Dalam sesi selanjutnya, dilakukan sesi tanya jawab oleh anggota PKK dan anggota Pengabdi, yang dibimbing oleh Muhammad Iqbal,

dimana dalam sesi tanya jawab ini, anggota PKK yang mengajukan pertanyaan mendapatkan doorprize sebagai apresiasi dari anggota Pengabdi PKM. Kemudian dilakukan pembagian souvenir oleh anggota Pengabdi PKM, dan dilakukan foto bersama yang dibimbing oleh Sukroni Abdul Malik. Di penghujung acara, dilakukan do’a bersama sebagai rasa syukur kita atas terlaksananya acara “Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Ranca Kalapa” dan untuk menutup jumpa acara pada hari tersebut.

Kami selaku anggota pelaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing ibu

Nurhayati, S.H., M.H., dan Ibu Linda Gunawan selaku Kepala Desa Ranca Kalapa yang telah mendukung acara ini serta pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam acara ini. Kami sangat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini dengan “Pelatihan Pembuatan Produk Bolen Pisang Untuk Industri Skala Rumah Tangga”, dapat memberikan manfaat khususnya bagi kami sebagai pelaksana PKM, serta bagi seluruh anggota PKK Desa Ranca Kalapa.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *