Perguruan Tinggi Kedinasan AMG, Kuliah Gratis, Dapat Uang Saku Pula

AMG 1

TangselMedia.com – AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang ada di Indonesia. AMG dibawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Merupakan Lembaga Pemerintah Non-Departemen (LPND) yang bersifat vertical dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI . Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG sendiri adalah lembaga negara yang bertugas menganalisa cuaca,iklim ,gempa bumi dan tsunami.

Kini AMG berubah nama menjadi STTMKG (Sekolah Tinggi Teknologi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) seajak tahun ajaran 2013/2014 bersamaan dengan dimulainya program pendidikan baru yaitu program pendidikan D-IV.

A. Sejarah AMG

AMG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta, kampusnya berada di Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rahman Hakim No.3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 – 1978 AMG dibawah Pusat Meteorologi dan Geofisika yang merupakan bagian dari Depertemen Perhubungan.
Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan
Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan, dan kampusnya pindah dan berlokasi di Jl.Perhubungan I no.5 Komplek Meteo Dephub, Pondok Betung Bintaro.

B. Program dan Jurusan

Program
Program Diploma III jurusan Meteorologi, Program Diploma III Jurusan Klimatologi, Program Diploma III Jurusan Geofisika , Program Diploma III jurusan Instrumentasi.
Ber-ikatan dinas dengan Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika.
Tidak diasramakan.

Pendidikan dilaksanakan dalam 6 (enam) semester dengan Praktek Kerja di stasiun BMKG di seluruh Indonesia. Tiap tahunnya adalah :
1. Tahun Pertama : Kuliah semester I dan semester II (Lulus = cPNS , D-I)
2. Tahun Kedua : Praktek Kerja di stasiun BMKG diseluruh wilayah RI (PNS , D-I)
3. Tahun Ketiga : Melanjutkan kuliah semseter III dan semester IV (PNS , tugas belajar)
4. Tahun Keempat : Melanjutkan Kuliah semseter VI dan semseter VII (Lulus = PNS , D-III)
5. Tahun Kelima : Melajutkan Kuliah semester VIII dan IX (Lulus = PNS , D-IV)

Jurusan
1. Meteorologi
2. Klimatologi
3. Geofisika
4. Instrumentasi

Jadi buat kalian yang mau lulus kuliah langsung jadi pegawai negeri, buruan deh daftar ke AMG setiap tahun ajaran baru belum mulai. (rdks)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.