STAN Bintaro, Kuliah Gratis Para Calon Pegawai Negri Sipil

STAN

kampus STAN Bintaro

TangselMedia.com – Menjadi PNS atau pegawai negeri sipil adalah impian banyak orang, apalagi kalo bisa kuliah gratis dan setelah lulus langsung jadi PNS, siapapun pasti tergiur. Tapi sayangnya tisak semua orang bisa menjadi PNS.

Salah satu kampus tempat belajarnya para calon PNS, adalah kampus STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Namun tidak mudah masuk kekampus ini. Hanya orang yang memiliki nilai rata-rata 7 saja yang bisa lolos seleksi tahap awal.

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan).

STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Program studi yang diselenggarakan oleh STAN Bintaro adalah untuk lulusan SMU, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Diploma D-III dan D-IV dari semua spesialisasi kecuali spesialisasi Bea Cukai (berlokasi di Pusdiklat BC Rawamangun), serta sebagian mahasiswa D-I Perpajakan.

Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh STAN adalah :
• Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
• Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
• Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
• Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

STAN berlokasi di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Jakarta Selatan (sebelumnya menggunakan alamat Jalan Ceger Raya, Kel. Jurangmangu Timur, Kec. Pondok Aren, Tangerang, Banten 15222(021) 7361654 dan 7361658 (Hunting).
Informasi lebih lanjut tentang STAN dapat diakses melalui situs resmi STAN di www.stan.ac.id. telp ).

Untuk Prodip I Keuangan lama pendidikannya 1 tahun (2 semester), bertempat di Kampus STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di 8 daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Prodip III Keuangan lama pendidikannya 3 tahun (6 semester), bertempat hanya di Kampus STAN Bintaro Jakarta.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Lulusan STAN akan otomatis diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(rdks)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.