Try Out Lancar, SMP Di Kota Tangerang Siap Untuk UASBN Dan UNBK

Try Out Lancar, SMP Di Kota Tangerang Siap Untuk UASBN Dan UNBK

Siswa-siswi di SMP Negeri 13 Kota Tangerang mengikuti kegiatan ujian Try Out. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

TangselMedia – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) menggelar try out ujian nasional di 191 Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta selama 11 hingga 14 Maret 2019. Dalam tiga hari pelaksanaan try out yang diikuti 26.100 siswa dengan sistem manual tersebut telah berjalan lancar. Disdik pun menyatakan bahwa para siswa siap menghadapi ujian akhir. Sekretaris Disdik Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, kegiatan try outini dilakukan kepada para siswa agar nantinya mereka bersedia melaksanakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar pada April 2019 mendatang.

“Kami yakin siswa-siswi SMP begitu selesai mengikuti try out, mereka siap dan percaya diri untuk melaksanakan ujian akhir,” ujarnya, Rabu (13/3/2019). Tidak hanya try out, menurutnya, Disdik juga telah menyiapkan serangkaian fasilitas penunjang seperti jaringan internet dan komputer agar para siswa SMP bisa mengikuti UNBK dengan lancar. Selain itu, Disdik pula akan mendorong yayasan pendidikan yang belum memiliki fasilitas komputer untuk mengurut sertakan para siswanya mengikuti ujian.

Baca Juga  Ikut Peduli Rohingya, Pemuda Tangsel Peduli Rohingya Lakukan Penggalangan Dana

“Yang jelas sekarang yayasan sudah memiliki komputer semuanya, sehingga tahun ini bisa mengikuti pelaksanan  Sementara itu Wakil Bidang Kurikulum SMP Negeri 13 Kota Tangerang Bagio Dulah Komari menuturkan, di sekolahnya ada sekitar 316 siswa-siswi yang mengikuti try out. Hingga hari ini, posesnya telah berjalan dengan mulus sesuai dengan harapan. Meski menurut Bagio, try out tersebut dilakukan manual.

“Hari ketiga pelaksanaan berjalan kondusif, ya sesuai dengan yang kita rencanakan. Hanya saja kedepan kita berharap pelaksanaannya digelar secara online, tidak manual. Agar para siswa-siswi terbiasa mengerjakan soal ujian berbasis online, walaupun di pusat sudah ada simulasi,” ujarnya. Kata Bagio, setelah pelaksanaan try out selesai, pihaknya akan fokus dengan pendalaman materi dan mengikut sertakan para siswa pada kegiatan Geladi Bersih agar kesiapan mereka benar-benar pasti. (ADV)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply