Universitas Terbuka, Menembus Batas Ruang dan Waktu

Universitas Terbuka

TangselMedia.com – Biasanya perkuliahan itu harus melalui pertemuan tatap muka di kelas antara mahasiswa dengan para dosen. Tapi ternyata, ada cara lain untuk tetap mendapatkan materi kuliah tanpa harus datang ke kampus dan bertemu langsung dengan dosen.

Kesempatan ini yang akan kita dapatkan ketika kita memilih Universitas Terbuka (UT) sebagai tempat kita menimba ilmu. Pasalnya, Universitas yang berlokasi di Pondok Cabe, Tangerang Selatan ini menggunakan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) bagi seluruh mahasiswanya.
Pada dasarnya UT sama saja dengan universitas yang lain, yakni mengikuti semua regulasi pendidikan yang berlaku. Perbedaannya terletak pada metode perkuliahan yang digunakan. “Bedanya, UT tidak menitikberatkan perkuliahan melalui pertemuan tatap muka pada waktu tertentu yang telah ditetapkan, jadi lebih fleksibel “.

Pendidikan jarak jauh di sini, tidak terbatas pada jarak secara fisik saja. Misalnya, mahasiswa tersebut berada di Bandung, Papua atau bahkan di luar negeri sekalipun, tapi juga jauh secara waktu.

“Jauh secara waktu maksudnya bagi mereka yang memang memiliki waktu yang terbatas dan tidak memungkinkan mengikuti perkuliahan di waktu yang ditentukan. Contohnya, ibu rumah tangga dan karyawan,” tuturnya.

Mahasiswa UT tidak dibatasi secara umur maupun lama kuliah. Dari usia 18 tahun maupun usia 80 tahun pun bias kuliah di UT. UT tidak membatasi waktu lulusan SMA calon mahasiswa. Mereka juga menerima para lulusan Kejar Paket C.

Jadi buat kamu kamu yang kepentok waktu yang sedikit atau kepentok usia yang sudah tua, ga perlu kawatir dan segan jika ingin melanjutkan kuliah lagi, Universitas terbuka aja. (rdks)

Alamat kampus UT : Jl Pondok Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang Timur, tangerang Selatan, Banten, 021-7490941

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply