Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat, Dosen Unpam Berikan Penyuluhan Tentang Jual Beli Sistem Online Ke Majelis Taklim Di Tangsel

TangselMedia – Beberapa dosen dari Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang melakukan penyuluhan kepada Majelis Taklim Nurul Huda yang terletak di RT 008 RW 002, Bakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan (16/11/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh ketua RT H. Simun Dalih sekaligus pimpinan Majelis Taklim Nurul Huda dan segenap tokoh masyarakat setempat serta warga setempat yang berjumlah lebih kurang 50 orang.
Penyuluhan mengenai “Jual Beli Sistem Online Dipandang Dari Hukum Islam dan Hukum Positif” yang berlangsung di Musholla Nurul Huda sebagai sekretariat dari Majelis Taklim ini berlangsung cukup menarik peserta. Mengingat tema yang diangkat merupakan permasalahan yang sudah menjadi trend masyarakat global dewasa ini. Sehingga banyak peserta yang bertanya terutama mengenai isu-isu terkini di dunia jual beli atau bisnis online.

Isnu HP Mempresentasikan Materi Tentang Bisnis Online Kepada Jamaah MT Nurul Huda

Dalam penyuluhan tersebut juga dijelaskan mengenai aspek hukum yang mengatur jual beli atau bisnis di dunia online baik secara hukum Islam maupun hukum positif yang berlaku (pidana, perdata ataupun regulasi pemerintah pada umumnya -red). Banyak hal yang harus dipahami oleh masyarakat mengenai konsukuensi dari Jual Beli/Bisnis Online. Terbukti banyaknya aksi penipuan, penggelapan, scamming dan perilaku cyber crime lainnya. Dan tentunya sebagai umat Islam juga harus memahami pandangan syariat (hukum) Islam mengenai system online yang mana antara pembeli dan penjual tidak bertemu, bahkan barangnyapun hanya melalui gambar yang ada.
Kepada TangselMedia.com, Isnu Harjo Prayitno selaku ketua dari pelaksanaan mengatakan jika kegiatan ini memang merupakan salah satu kewajiban dari setiap dosen untuk berkontribusi kepada masyarakat terutama yang tidak jauh dari sekitar kampus.
“Kegiatan ini insya Allah akan terus berlangsung kepada masyarakat minimal setahun dua kali yang memang merupakan salah satu kewajiban dari setiap dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan kontribusi positif dari kampus kepada masyarakat terutama masyarakat yang tidak jauh dari sekitar kampus”, ujar Isnu.
Senada dengan Isnu, H. Simun Dalih selaku ketua Majelis Taklim Nurul Huda yang juga menjabat sebagai Ketua RT 008 RW 002 mengaku sangat positif kegiatan seperti ini sehingga warganya lebih tercerahkan.
“Saya sangat berterima kasih terhadap bapak ibu dosen dari Universitas Pamulang yang sudah peduli dan menyempatkan waktunya untuk berbagi ilmu mengenai bisnis online. Kegiatan ini sangat positif bagi warga saya sehingga dapat tercerahkan mengenai bisnis online yang sekarang sudah menjadi trend dalam dunia bisnis”, papar H. Simun Dalih.
H. Simun Dalih berharap kegiatan seperti ini perlu didukung oleh semua pihak yang berkepentingan karena memiliki manfaat yang cukup baik terhadap pencerahan masyarakat serta mengucapkan banyak terima kasih kepada para dosen Universitas Pamulang yang sudah hadir ditempatnya. (ihp)

Baca Juga  Penutupan Pesantren Ramadhan LPTQ Al-Muhajirin BPI: “Menanamkan Cinta Al-Qur’an di Hati Setiap Insan”
Tags:

Related Posts

Leave a Reply