Implementasi K3LH Oleh Mahasiswa Unpam di Yayasan Rumah Yatim Arrohman Indonesia

TangselMedia-Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH) merupakan aspek penting dalam memastikan kesejahteraan di lingkungan kerja. Namun, dalam konteks yayasan non-profit seperti Yayasan Rumah Yatim Arrohman Indonesia, implementasi K3LH menghadapi berbagai tantangan. Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan harus memastikan keamanan dan kesehatan kerja bagi karyawan serta menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Tantangan ini mencakup kurangnya kesadaran, keterbatasan sumber daya, dan kompleksitas aktivitas yayasan.

Salah satu masalah utama adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya K3LH di kalangan karyawan yayasan. Banyak karyawan tidak menyadari risiko di lingkungan kerja mereka, sehingga tindakan pencegahan tidak selalu diprioritaskan. Selain itu, yayasan sering kali lebih fokus pada pencapaian tujuan sosialnya tanpa memperhatikan aspek K3LH, yang mengakibatkan minimnya investasi dalam bidang ini. Keterbatasan sumber daya finansial dan tenaga kerja juga menjadi hambatan dalam menjalankan program K3LH secara efektif.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak-anak yayasan tentang pentingnya K3LH dalam aktivitas sehari-hari mereka dan mengidentifikasi hambatan utama dalam implementasi K3LH. Manfaat yang diharapkan adalah yayasan dapat mengidentifikasi area yang perlu perbaikan dan mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah-masalah terkait keamanan dan kesehatan kerja serta estetika lingkungan.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui penyuluhan yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan penelitian, dan penyuluhan. Pada tahap persiapan, dilakukan survei awal dan penentuan lokasi serta sasaran. Tahap pelaksanaan penelitian melibatkan penjelasan tentang pentingnya K3LH di lingkungan yayasan. Metode penyuluhan yang digunakan meliputi ceramah dan tanya jawab untuk memberikan informasi yang mendalam kepada peserta.

Baca Juga  Tangerang Membutuhkan Banyak Dokter Rumah Sakit, Marinus Gua Lakukan Ini

Proses Pelaksanaan Kegiatan PKM oleh Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Teknik Industri

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Teknik Industri S-1 ini dimulai dengan persiapan yang mencakup materi, konsumsi, administrasi, dan perlengkapan. Anak-anak yayasan berkumpul di aula untuk mendengarkan pemaparan materi tentang K3LH. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai kesadaran anak-anak yayasan terhadap K3LH dan mengidentifikasi hambatan utama yang dihadapi dalam implementasinya.

Dalam pelaksanaan kegiatan, anak-anak atau siswa dan siswi Yayasan Rumah Yatim Arrohman Cabang Pamulang sangat antusias. Mereka mempersiapkan alat tulis untuk mencatat materi yang akan disampaikan. Penyuluhan ini tidak hanya berfokus pada ceramah, tetapi juga sesi tanya jawab yang memungkinkan peserta menggali pengetahuan lebih dalam tentang K3LH.

Adapun jadwal dan tempat pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 29 Juni 2024 – Senin, 01 Juli 2024
  • Waktu: 08.00 s/d Selesai
  • Tempat: Yayasan Rumah Yatim Arrohman Cabang Pamulang

Berdasarkan analisis yang dilakukan, kesadaran dan pemahaman anak-anak yayasan terhadap K3LH masih rendah. Hambatan utama dalam implementasi K3LH meliputi kurangnya edukasi dan pemahaman, serta keterbatasan sumber daya. Untuk meningkatkan implementasi K3LH, disarankan agar yayasan mengadakan pelatihan rutin tentang K3LH bagi seluruh karyawan, relawan, dan anak-anak yayasan. Selain itu, program K3LH perlu disesuaikan dengan karakteristik dan risiko dari setiap jenis aktivitas yayasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *