Pelatihan Hand Sanitizer di Parung Panjang Digelar Dosen Mahasiswa Unpam

TangselMedia-Pada hari Jum’at s.d Minggu (10-12 Maret 2023, telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Kegiatan ini dilakukan dengan tema “Pelatihan Proses Produksi Hand Sanitizer dalam upaya Peningkatan Tarap Hidup Masyarakat Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor”. Walaupun dalam kondisi pandemik sehingga pelaksanaan harus selalu mematuhi protokol kesehatan.

Desa Cibunar merupakan salah  satu desa yang terletak di Kecamatan Parung panjang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, yang memiliki 4 Dusun, 9 RW dan 43 RT dengan luas wilayah ± 372,645 Ha. Desa Cibunar terbentuk pada tahun 1939, yang di pimpin oleh Kepala Desa.

Permasalahan yang Timbul di desa cibunar diantaranya adalah terdapat banyak potensi wirausaha yang belum tersalurkan dan juga belum sepenuhnya mendapatkan bimbingan untuk berlatih membuat inovasi produk yang dapat diperjual belikan, seperti kebutuhan pokok yang tak kalah pentignya yaitu produk HAND SANITIZER cair, sebab HAND SANITIZER dapat dipergunakan untuk keperluan mencuci tangan disaat kondisi masih dalam Pandemi Covid 19, belakangan ini HAND SANITIZER masih dibutuhkan Masyarakat untuk kebutuhan mencuci Tangan setelah beraktivitas diluar.

Melihat kebutuhan masyarakat yang sangat penting tersebut maka Dosen Universitas Pamulang melakukan pengabdian kepada masyarakat di desa tersebut dengan judul “Pelatihan Proses Produksi Hand Sanitizer dalam upaya Peningkatan Tarap Hidup Masyarakat Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor”. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa  Cibunar, Parung Panjang Kabupaten Bogor, yang berlangsung selama 3 hari yaitu dari Tanggal 10 s.d 12 Maret 2023.

Dosen yang terlibat dalam kegiatan PKM ini adalah Bapak Taufik , S.T., M.T.  sebagai Ketua Pengusul, Ibu Estiningsih Trihandayani, S.T., M.T. dan Bapak Muhammad Shobur, ST., M.T sebagai anggota, serta 3 orang Mahasiswa/i yang terlibat dalam PKM ini yaitu Dimas Bagus Pangestu, Aulia Khoirunisa dan Pebi Pebrianti.

Baca Juga  Mahasiswa Universitas Pamulang Berikan Edukasi Mengenai Sampah Beserta Pengelolaannya di di Yayasan Yatim Piatu Pamulang

Kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui beberapa rangkaian acara pertama-tama pembukaan acara dilaksanakan oleh Moderator  Bapak Muhamad Yusuf, S.T., M.T kemudian sambutan dari Kepala Desa  Bpk H. Sarjono, dalam sambutanya mengatakan bahwa Pelatihan Proses Produksi Hand Sanitizer dalam upaya Peningkatan Tarap Hidup Masyarakat Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor ini sangat berguna bagi masyarakat setempat mengingat Masyarakat sudah lama mengharapkan adanya bimbingan dalam menciptakan inovasi usaha kecil di lingkungan sekitar Desa Cibunar, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Pengusul PKM, yang dalam hal ini disampaikan Bapak Taufik, S.T., M.T. dilanjutkan penyampaian materi  dan juga Praktek Pelatihan Proses Produksi HAND SANITIZER. Materi yang disampaikan adalah bagaimana cara memproduksi pembuatan HAND SANITIZER sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau dengan memberikan pengetahuan  teori  dan praktek.

Cara Pembuatan HAND SANITIZER ukuran 1 Liter sebagai berikut :

Bahan-bahan :                                                                        Alat-alat :

  1. Ethanol 96% : 833 ml                                   Gelas Ukur, ukuran 1000 ml
  2. Gliserol 98% : 14,5 ml                                  Beacker Glass
  3. Hidrogen Peroksida : 3%                             Gelas Ukur, ukuran 50 ml
  4. Aquadest Gelas Ukur, ukuran 25 ml
  5. Botol Kaca

Kemudian dilanjutkan dengan  Praktek Pelatihan Pembuatan HAND SANITIZER yang diikuti oleh seluruh peserta dan dipandu langsung oleh Ibu Estiningsih Trihandayani, S.T., M.T. sebagai narasumber dan dibantu beberapa Mahasiswa.

Selesainya acara Pelatihan Proses Pembuatan HAND SANITIZER tersebut Ketua PKM Bapak Taufik, S.T., M.T, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua peserta dan masyarakat sekitar atas partisipasinya semoga ilmu yang disampaikan dapat memberikan maanfaat bagi warga Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *