Ini Yang Terjadi Pada Fenomena Gerhana Matahari Cincin

Nasional 0

TangselMedia – Hari ini telah kita saksikan Gerhana Matahari Cincin yang hanya muncul 2 tahun sekali. Gerhana matahari adalah fenomena alam yang sangat langka bagi masyarakat Indonesia. Umumnya terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari. Saat itu ukuran bulan yang terlihat dari bumi lebih kecil di bandingkan ukuran matahari. Saat terjadi gerhana, matahari akan terlihat seperti cincin.

Foto: Liputan6

Disebut fenomena langka, bukan karena hanya terjadi 1-2 tahun, tetapi juga hanya bisa di saksikan di beberapa daerah saja di Indonesia dan beberapa daerah lainya juga bisa menyaksikan Gerhana Matahari sebagian. Dan hanya pada tanggal 26 Desember 2019 inilah yang dapat di saksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Walaupun sama sama di zona waktu WIB, tetapi waktu terjadi Gerhana Matahari Cincin di Siak dan Singkawang berbeda tipis.

Selain dua daerah tersebut, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional mengatakan bahwa masyarakat Indonesia yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin itu hanya di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Baca Juga  WALHI Jakarta Kecewa Car Free Day Beralih Fungsikan Sebagai Panggung Politik

Sementara, daerah daerah Indonesia yang lain hanya dapat meyaksikan gerhana sebagian saja, dan ini pun menurut lokasi pengamatanya. Seperti di daerah Sumatera Selatan mencapai 80% sedangkan di pulau jawa mencapai 70-80%

Wilayah lain di Indonesia yaitu papua, dapat menyaksikan gerhana sebagian dengan  banyak tertutupnya Matahari paling sedikit hanya 20%, sedangkan di bandung, bulan menutupi 70% matahari, di Jakarta menutupi permukaan matahari sebanyak 72%.

Wilayah yang bisa menyaksikan gerhana berdasarkan info BMKG, yaitu:

Sinabang, Singkil, Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Sibuhuan, Pasir pangaraia, Dumai, Bengkalis , Siak Sri Indrapura, Selat Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Bansan Seri Bentan, Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Tanjungselor, Tanjungredep.

Ada 5 tahap terjadinya Gerhana Matahari Cincin, yakni kontak awal, kontak kedua, puncak gerhana, kontak ketiga, dan akhir gerhana.

Gerhana Matahari Cincin akan Terjadi pukul 10.22 WIB, dan berakhir pada jam 12.19 WIB

Sangat di anjurkan untuk memakai kacamata khusus bila ingin menyaksikan Gerhana Matahari Cincin, sangat di larang menyaksikanya dengan mata telanjang.

 

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply