Inovasi Mahasiswa UNPAM Dalam Pembuatan Sabun Cuci Piring Untuk Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga

TangselMedia-Sabun cuci piring merupakan kebutuhan sehari-hari yang penting bagi setiap rumah tangga. Tidak hanya berfungsi sebagai pembersih alat-alat dapur, penggunaan sabun cuci piring juga dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi keluarga. Mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi S1 Teknik Industri melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlokasi di Aula Balai Desa Ranca Kelapa. Dengan menciptakan sebuah inovasi yang diharapkan dapat menjadi solusi efektif bagi ekonomi rumah tangga. Mahasiswa Universitas Pamulang disambut hangat oleh Bpk. Wijaya sebagai Pengurus Desa Ranca Kelapa dan juga Ibu. Nurdiana sebagai Ketua PKK. Tim yang terdiri dari Roni WEP, Haerul Rojikin, Adit Setiawan, Devi Fitria, Nanda Annisa, dan ibu Nurhayati S.H., M.H., serta di hadiri oleh Bpk. Khasbunalloh S.T., M.T., selaku dosen pembimbing dalam kegiataan PKM kami menciptakan sebuah Produk Sabun Cuci Piring tersebut.

Kegiatan ini kemudian dibuka oleh Haerul Rojikin yang merupakan Ketua Tim PKM kami dan dilanjut oleh Adit Setiawan sebagai pembawa acara dengan mengangkat sebuah tema yang berjudul mengenai “PEMBUATAN SABUN CUCI PIRING UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI RUMAH TANGGA’’. Kemudian lanjut dijelaskan oleh Roni WEP sebagai pemateri yang disimak oleh ibu-ibu PKK yang hadir diacara tersebut.

beliau juga menjelaskan bahwa ide ini muncul dari keprihatinan mereka terhadap tingginya harga bahan-bahan pokok di Indonesia yang mengakibatkan kesulitan ekonomi bagi keluarga yang sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dan mensosialisasikan cara membuat sabun cuci piring dirumah dapat memberikan banyak manfaat ekonomi bagi masyarakat. selain menghemat biaya bulanan, praktik ini juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan dengan menjual produk buatan sendiri. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga melalui penghematan dan tambahan pendapatan, serta masyarakat dapat menuangkan kreatifitasnya dalam pembuatan produk sabun cuci piring itu sendiri.

Baca Juga  Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat, Dosen Unpam Berikan Penyuluhan Tentang Jual Beli Sistem Online Ke Majelis Taklim Di Tangsel

Disini Devi Fitria dan Nanda Annisa menjelaskan mengenai bahan-bahan dasar apa saja dalam pembuatan sabun cuci piring yaitu:

1.Sodium Sulfat 200gr

2.Foam Booster 100m

3.EDTA 20gr

4.Airbersih 10lt

5.Garam Dapur 500gr

6.NaCl 250gr

7.Pewangi 20ml

8.Texapon 1kg

9.Pewarna 3ml

Lalu tahapan proses pembuatan sabun cuci piring tsb:

1.Masukan semua bahan tersebut kedalam 1 wadah.

2.Lalu aduk sampai semua bahan tersebut tercampur merata.

3.Ketika sudah terlihat kental masukan adonan tersebut kedalam botol kemasan.

Gimana mudah bukan proses pembuatan sabun cuci piring ini? bahkan pemula dapat melakukannya dirumah. Bahan-bahan yang

mudah ditemukan dan Insha Allah bahan kimia tersebut aman jika terkena kulit. Dengan Pelatihan yang telah kami berikan dan

mensosialisasikannya kepada masyarakat setempat, kami ingin inovasi ini bisa memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat disana.

Kemudian acara selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab oleh ibu-ibu PKK, pembagian doorprize dan souvenir oleh anggota PKM, foto bersama sebagai kenang-kenangan serta dilakukan doa bersama sebagai bentuk rasa syukur atas kelancaran acara tsb.

Kami selaku anggota pelaksana kegiatan mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir dan terlibat dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Balai Desa Ranca Kelapa.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *