Keluh Kesah Siswa Dan Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19 dan Solusi Terbaiknya Secara Efektif Dan Maksimal

KELUH KESAH SISWA DAN MAHASISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19 DAN SOLUSI TERBAIKNYA SECARA EFEKTIF DAN MAKSIMAL

Oleh: Deajeng Setia Ibu*

 

Awal tahun 2020 lalu dunia dikejutkan dengan merebaknya pandemi global corona virus disease 2019 (COVID-19) yang menjangkiti mayoritas negara di belahan dunia termasuk Indonesia. Virus ini dianggap serius dikarenakan berkembangnya sangat cepat.

Berbagai  upaya ditempuh pemerintah Indonesia untuk menekan penyebaran virus covid-19 yang sangat cepat ini termasuk lockdown, sehingga mayoritas kegiatan di beberapa lembaga baik formal maupun non formal, baik lembaga komersil maupun jasa dirumahkan, tak terkecuali lembaga pendidikan. Langkah ini ditempuh untuk menghindari kerumunan yang merupakan salah satu penyebab utama penyebarannya.

Pendemi covid-19 telah mengubah dunia pendidikan mulai dari proses pembelajaran, dimana biasanya dilakukan di dalam kelas dengan tatap muka, namun sejak pandemi berlangsung berubah menjadi belajar daring (dalam jaringan).Pandemi Covid-19 berujung pada penutupan sekolah-sekolah dan kampus sebagai upaya penyebarannya ke masyarakat Indonesia. Singkat kata, pemerintah telah memberlakukan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau yang disebut dengan pembelajaran daring (online).

Semua sektor merasakan dampak corona. Dunia pendidikan salah satunya. Dilihat dari kejadian sekitar yang sedang terjadi, baik siswa,mahasiswa maupun orangtua yang tidak memiliki handphone untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring ini merasa kebingungan, Permasalahan yang terjadi bukan hanya terdapat pada sistem media pembelajaran akan tetapi ketersediaan kuota yang membutuhkan biaya cukup tinggi harganya bagi siswa dan mahasiswa guna memfasilitasi kebutuhan pembelajaran daring. Kuota yang dibeli untuk kebutuhan internet menjadi melonjak dan banyak diantara orangtua yang tidak siap untuk menambah anggaran dalam menyediakan jaringan internet.

Selain itu,seperti yang kita tahu bahwa, pemerataan internet di Indonesia belumlah merata, dimana di daerah perkotaan lebih dominan daripada di daerah pedesaan. oleh karena itu, banyak wilayah terpencil atau pedesaan yang kesulitan dalam pembelajaran online. Karena jaringan internet yang susah untuk dijangkau,akibatnya untuk melakukan pembelajaran online seperti video call tidak dapat dilakukan secara maksimal.

Dan dengan diberlakukannya pembelajaran secara daring ini membuat siswa dan mahasiswa kurang optimal dalam menangkap materi yang diberikan oleh guru dan dosen,banyak siswa dan mahasiswa yang kurang paham mengenai materi yang diberikan jika pembelajaran dilakukan secara online

Baca Juga  Maraknya Aksi Koboi Jalanan Imbas Lenggangnya Aturan Kepemilikan Senjata Api

Apalagi untuk saat ini Presiden joko widodo memberlakukan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,pemberlakuan tersebut memaksa rencana pembelajaran tatap muka (PTM) di Bulan Juli terhambat dan pembelajaran dilakukan secara online kembali

Dikarenakan saat ini pembelajaran dilakukan secara online harus ada cara terbaik agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan maksimal.

Menurut saya agar pembelajaran jarak jauh berjalan secara efektif dan maksimal baik siswa maupun mahasiswa sebaiknya melakukan hal-hal sebagai berikut:

1.Siapkan fasilitas penunjang

Ini yang harus disiapkan jika ingin pembelajaran daring:

-Kuota internet

-Aplikasi penunjang

-Laptop/komputer

-Materi pelajaran seperti buku, catatan, dan lainnya

2.Jadwal harus disesuaikan

Jangan sampai sekolah atau kuliah diliburkan, terus dipakai untuk liburan. Tetapi siswa dan mahasiswa harus belajar dari rumah. Peran orangtua akan sangat penting terutama untuk siswa sekolah.

3.Kendalikan diri

Ketika belajar jarah jauh, tentu guru atau dosen kamu tidak ada di sampingmu. Maka kamu harus bisa mengendalikan diri dengan benar-benar belajar, bukan malah untuk main game, nonton tv atau main handphone terus.

4.Cari tempat yang nyaman

Untuk belajar, kamu bisa pilih waktu yang tepat serta tempat yang nyaman. Sehingga kamu bisa mengerjakan dengan baik.

5.Tetap mandi dan rapi

Usahakan kamu tetap bagun pagi dan mandi pagi. Karena jika tidak mandi akan berpengaruh pada mood kamu untuk belajar

6.Perhatikan deadline

Untuk tugas yang harus dikumpulkan sesuai batas waktu, maka ini harus kamu perhatikan. Atau deadline harus selalu diperhatikan.

Hal-hal tersebut penting dilakukan oleh siswa maupun mahasiswa agar saat melakukan pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan baik dan semoga pandemi covid-19 dapat berangsur membaik dan sistem pendidikan diindonesia dapat berjalan seperti semula.***

 

*Penulis adalah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

 

 

 

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply