KIP dan PLN Batubara Niaga Jalin Kerjasama Tingkatkan Keandalan Ketersediaan Batubara di Banten dan Jawa Barat

Banten208 Views

TangselMedia – PT Krakatau Bandar Samudera (PT KBS) sebagai operator Krakatau International Port (KIP) jalin kerjasama stokpile provider batubara dengan PT PLN Batubara Niaga pada jumat (30/12).

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini ditandatangani langsung oleh Akbar Djohan selaku Chief Executive Officer (CEO) Krakatau International Port, dan Direktur Utama PT PLN Batubara Niaga, Kanapi Subur Dwiyanto.

Akbar menyampaikan kerjasama ini merupakan sinergitas BUMN demi menjaga ketersediaan pasokan batubara untuk energi di Indonesia, khususnya untuk PLTU di wilayah sekitar Jawa bagian Barat dan Banten. Kerjasama KIP dan PLN Batubara Niaga ini bertujuan untuk melakukan kajian kelayakan dari berbagai aspek, seperti aspek teknis dan aspek finansial.

“KIP akan menjadi Stockpile Provider untuk kargo Batubara PLN yang dapat digunakan untuk Proses Coal Blending,” ungkap Akbar pada Rabu (03/01/2023).

Akbar juga menambahkan, KIP sebagai Pelabuhan hub internasional dan curah terbesar di Indonesia yang memiliki 17 slot Dermaga dengan fasilitas bongkar muat terbaik yang dapat mengakomodir berbagai tipe kapal dari 10.000 – 200.000 DWT, akan melakukan kajian bisnis baik dari aspek infrastruktur maupun SDM dalam rangka mendukung kelancaran kerja sama dengan PLN Batubara Niaga sehingga aktivitas Stockpile Provider dan Coal Blending berjalan dengan lancar.

Baca Juga  Nyawa Saipudin Terselamatkan Oleh Kasur

Selain itu, Direktur Utama PT PLN Batubara Niaga, Kanapi Subur Dwiyanto, menyampaikan bahwa Stockpile Batubara merupakan fasilitas penumpukan batubara  yang dapat meningkatkan security level terhadap jaminan stock batubara dan   harapannya dapat meningkatkan Effisiensi. selain itu Proses Coal Blending juga dapat dilakukan di KIP, sehingga banyak kegiatan yang dapat dilakukan di KIP.

“Aktivitas bisnis kami yang ada di KIP ini, sebagai penyangga antara pengiriman dan proses distribusi dan juga menjaga persediaan yang sangat strategis jika ada gangguan bersifat jangka pendek dan jangka panjang terhadap persediaan batu bara,” ujar Kanapi.

KIP dan PLN Batubara Niaga juga berkomitmen dalam melakukan kerjasama guna menjaga pasokan batubara untuk listrik dalam negeri dan menekan efisiensi dalam melakukan proses aktivitas bisnis PLN Batubara Niaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *