KOMBIS Gelar Webinar Trik Menulis Artikel Populer di Media Online

TangselMedia-Menulis di era digital memberikan peluang dan kemudahan bagi penulis pemula. Berkat Kerjasama Komunitas Belajar Menulis (KOMBIS) dengan Yayasan Cakra Amaliyah, Pejuang Subuh Pondok Indah (PSPI) dan Portal Berita Media Tangselmedia sukses menggelar acara seminar online dengan judul, “Trik Menulis Artikel Populer Hingga Tembus di Media Online” pada hari Sabtu (7/8/2021).

Narasumber pada seminar ini yaitu Deni Darmawan, seorang penulis artikel di berbagi portal media online dan Isnu Harjo Prayitno, Ketua redaksi portal berita media online Tangselmedia. Sambutan disampaikan oleh Amaliyah dari Yayasan Cakra Amaliyah sebagai penyelenggara kegiatan.

“Menulis itu tidak instan, tapi butup proses. Kegiatan ini untuk menumbuhkan budaya menulis, khususnya menulis artikel populer di media online. Jangan sia-siakan kegiatan ini. Bergabunglah dengan komunitas menulis seperti KOMBIS, agar gairah menulis selalu muncul dan dibuktikan dengan karya nyata,” ungkap Amaliyah yang juga suka menulis buku.

Deni selaku narasumber pertama menyampaikan, jurnalisme era internet. “Perubahan yang begitu cepat, mengubah tatanan kehidupan termasuk media. Dulu, kita sering membaca koran cetak, sekarang koran semakin tipis, dan beralih ke media daring. Peluang menulis artikel populer pun semakin besar. Jika artikel kita masuk ke media massa, kita boleh bangga, karena kita harus bersaing dengan penulis lainnya,” terangnya.

Deni melanjutkan, langkah yang harus dipersiapkan ketika menulis artikel. “Galilah ide, gagasan dengan banyak membaca, ngobrol, mengamati, melihat dan mendengar. Jika sudah ketemu ide, sesuaikan dengan passion kita. Pelajari target media, buatlah outline. Kemudian buatlah judul yang menarik, paragraf pembuka/lead, buat badan berita, sub judul, penutup, menyunting dan pengiriman,” ungkapnya.

Baca Juga  Indonesia Lolos Dalam Kualifikasi Piala Asia 2021

Isnu juga menyampaikan, mempelajari karakter media sangat penting. “Kenali portal media online dengan baik. Baca artikel yang dimuat. Apa saja persyaratannya. Perhatikan soal teknis dalam pengiriman. Semua itu menjadi penting agar kita tidak salah mengirim artikel ke media yang akan dituju,” ujar redaksi Tangselmedia ini.

“Ada 7 tips agar artikel kita bisa diterbitkan di media. Sebelum menulis, kenali karakter media tersebut. Kenali karakter tulisan yang terbit pada media massa tersebut. Tulislah dengan rapi dan sesuai ketentuan. Tulislah nama rubrik di judul email. Sertakan biodata dan nomor yang bisa dihubungi. Lampirkan scan foto dan kartu identitas. Kirim dalam format attachment/lampiran,” ungkap Isnu yang juga sebagai dosen.

Begitu banyak antusias pertanyaan dari berbagai para peserta dari belahan nusantara. Bagi penanya terbaik akan diberikan buku yang ditulis oleh Deni Darmawan. Tak terasa, waktu pun melebihi waktu yang disediakan, karena begitu semangatnya para peserta mengikuti acara dari awal hingga akhir.***

 

Kontibutor : Deni Darmawan dan Intan Idaman Halawa

 

 

 

 

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply