Komunitas Kejar Mimpi Tangerang Selatan (KMTS) Gandeng Komunitas GUA di Kampung Sawah, Ada Apa?

TangselMedia – Komunitas Kejar Mimpi Tangerang Selatan (KMTS) bersama Komunitas Guna Ulang Aja (GUA) berkolaborasi menggelar acara bertajuk “Tanamkan Pohon, Tanamkan Harapan untuk Masa Depan” di Kampung Sawah, Ciputat pada Ahad, 25 Februari 2024. Sebanyak 25 anak berusia 7-13 tahun yang berasal dari Kampung Sawah ikut meramaikan dengan menjadi peserta di acara tersebut.

 

Dalam sambutannya Ibal Lukman Adi (vice leader KMTS) mengatakan bahwa harapannya semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran pendidikan lingkungan, serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di Kampung Sawah, walaupun hanya dengan waktu yang singkat.

Acara berlangsung seru dan menyenangkan dengan diawali senam bersama. Uniknya, untuk kegiatan senam ini juga diikuti oleh ibu-ibu warga di sekitar lokasi. Gelak tawapun pecah saat ada gerakan yang sulit dilakukan oleh instruktur senam.

 

Dalam giat ini, disampaikan materi tentang menjaga lingkungan oleh Komunitas GUA. Sekretaris Komunitas GUA, Kak Suray memberikan pengenalan komunitas kepada para peserta. Dilanjutkan dengan materi 3 R (Reduce, Reuse, Recycle) oleh Kak Bowo dan Kak Najwa.

Baca Juga  Ini Yang Dilakukan Lima Komunitas dan Organisasi Untuk Berbagi di Tangsel

“Untuk mengurangi timbulan sampah, adik-adik bisa membawa tumbler ketika akan ke sekolah ataupun saat bermain. Dengan membawa tumbler, kalian tidak perlu lagi membeli air minum dalam kemasan sekali pakai.” jelas Kak Najwa.

 

Kak Bowo menambahkan, bahwa selain membawa tumbler, hadirin juga bisa membawa tote bag saat akan berbelanja. Dengan menggunakan tote bag mereka tidak perlu lagi menerima plastik kresek yang hanya sekali pakai. Acara semakin seru saat Kak Bowo dan Kak Najwa memberikan game. Siapa yang bisa menjawab pertanyaan, maka mendapat hadiah menarik. Tampak anak-anak yang hadir pun antusias untuk menjawabnya.

 

Azzira selaku Ketua Panitia berharap semoga melalui mini project ini bisa memberikan pengalaman dan pembelajaran yang menyenangkan dan memorable (dapat diingat, red.) untuk adik adik dan warga disini, terutama terkait tentang bagaimana penggunaan ulang barang bekas menjadi barang layak pakai dan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. [SRY]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *