Memasuki Musim Hujan, Harga Sayuran Merangkak Naik

Memasuki Musim Hujan, Harga Sayuran Merangkak Naik

ILUSTRASI – Pedagang Cabe (ANTARA /Septianda Perdana)

TangselMedia – Harga beberapa komoditi sayuran di Pasar Gongdangdia, Jakarta Pusat mengalami kenaikan akibat dari musim hujan yang terjadi dalam dua minggu terakhir sehingga mengakibatkan konsumen mengurangi jumlah pembelian.

“Harga cabe keriting biasanya Rp25 ribu per kilo, sekarang naik menjadi Rp32 ribu per kilo. Harganya naik, saya terpaksa membeli cabai keriting hanya 1/4 kilogram saja atau Rp7 ribu. Selama kenaikan harga sayuran ini saya mengurangi pembelian,” ujar seorang konsumen, Ibu Tina (50), ketika ditemui Antara saat berbelanja di Pasar Gondangdia, Jakarta, Senin. Bukan hanya sayuran seperti cabai keriting yang mengalami kenaikan harga, sayuran dan bumbu dapur lain seperti kencur, cabai merah, komoditi bawang merah juga ikut naik.

“Kenaikan harga sayuran ini cukup membuat kami para ibu-ibu harus lebih pintar lagi mengatur keuangan untuk membeli sayuran. Misalnya kencur, biasanya dijual Rp60 ribu per kilo jadi Rp80 ribu per kilo, cabai merah biasanya Rp26 ribu per kilo jadi Rp30 ribu per kilo. Kalau tidak dikurangi pembelian bisa boros nanti jadinya,” ujar Tina.

Tina juga mengucapkan kalau harga sayuran ini naik sudah hampir dua minggu terakhir, dia mengharapkan agar harga sayuran bisa kembali normal seperti biasanya. Sementara itu, pedagang sayuran di Pasar Gongdangdia, Muhidin (40) membenarkan adanya kenaikan harga beberapa komoditi sayuran seperti cabai merah, cabai keriting, brokoli dan kol.

“Kalau masuk musim hujan seperti sekarang ini sayuran mengalami kenaikan harga. Seperti cabai merah, biasanya kami jual Rp26 ribu per kilo sekarang jadi Rp30 ribu per kilo, cabai keriting juga naik harganya dari Rp25ribu per kilo jadi Rp32 ribu per kilo, brokoli dari harga Rp20 ribu per kilo jadi Rp25 ribu per kilo, kol dari Rp 7 ribu per kilo jadi Rp9 ribu per kilo,” ujar Muhidin. Senada dengan Muhidin, penjual sayuran lain di Pasar Gondangdia, Ibu Supini (60) juga mengatakan akibat dari musim hujan ini kualitas dari sayuran menjadi kurang bagus.

“Kualitas sayuran menurun. Kami penjual disini membeli sayuran rata-rata dari Pasar Senen, dari sana saja sudah naik harganya, otomatis di sini juga naik,” ujar Supini. Ia menambahkan, sayuran seperti bawang merah, dari harga normal Rp26 ribu per kilo jadi Rp30 ribu per kilo, tomat dari harga Rp8 ribu per kilo jadi Rp12 ribu per kilo. “Akibat dari kenaikan harga, konsumen mengurangi jumlah pembeliannya, tutupnya.

 

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply