Siswa SDIT AULIYA Adakan Praktikum Roket Air

TangselMedia – Setelah melaksanakan kegiatan kunjungan kecil ke taman Budaya Nusantara Puspo Budoyo anak-anak kelas 3 SD IT AULIYA melakukan kegiatan praktikum roket air. Uji coba roket air yang di adakan Pada hari Rabu,14 Februari 2018 di halaman sekolah SDIT AULIYA ini dibagi dalam beberapa kelompok yang sudah ditentukan oleh bapak dan ibu guru.

“Para siswa sendiri lah yang mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat roket air sederhana ini, Mereka saling bekerja sama untuk membuat dan merakit hingga menjadi sebuah roket sederhana ini” Ujar Infra Megawanty selaku Wakil Kepala Sekolah SDIT AULIYA.

Ditambahkan Infra Megawaty kegiatan ini merupakan rangkaian pembelajaran IPA kelas 3 yang setiap tahun rutin dilakukan, dimana setiap tema sudah melalui tahapan/ Sekuen Afektif, Psikomotorik dan Kognitif (Pemaparan materi, percobaan dan diakhiri presentasi dan evaluasi.) Untuk kemarin temanya adalah “Energi dan Perubahannya” menerapkan konsep energi gerak melalui percobaan membuat dan menerbangkan roket dengan tenaga air dan angin.
Cara kerja roket air ini cukup sederhana, buka pintu peluncur dan masukan air sampai kira-kira 1/4 bagian botol. Kemudian masukan kembali pipa peluncur dan arahkan roket ke atas sampai kabel tes benar-benar mencengkram mulut botol. Pasang kunci pengamannya, bila air merembes keluar, maka seal tidak berfungsi dengan baik ganti dengan kembali seal karet tersebut. Pompa udara kedalam botol melalui pentil di bagian bawah peluncur.

Namun jangan terlalu tinggi tekanannya, nantinya akan menyebkan pecah pada botol. Bila sudah mencakupi batas yang ditentukan maka, tariklah kunci pengaman ke bawah ,dan roketpun akan meluncur keatas. Melalui praktik seperti ini, selain untuk meningkatkan kreatifitas mereka juga agar para siswa jadi bisa melihat dan merasakan langsung hasil karya mereka sendiri.(DMN)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply