Prodi Teknik Mesin Unpam Lakukan Kerjasama dengan Beberapa Stake Holder di Semester Genap 2022-2023

TangselMedia-Tridharma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban para dosen meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Indikator keberhasilan lembaga pendidikan tinggi dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi diukur melalui beberapa standar. Salah satu standar indiktor tersebut adalah dalam bidang kerjasama. Kerjasama dimaksud adalah kerjaasama dengan sesama lembaga pendidikan tinggi baik dalam maupun luar negeri, instansi pemerintah serta lembaga usaha baik dalam maupun luar negeri. Kerjasama perlu dijalin untuk memberikan payung hukum serta pengarsipan bagi pihak-pihak yang mengikat kerjasama.

Untuk itu perguruan tinggi baik di tingkat rektorat, fakultas hingga program studi perlu terus mengembangkan diri dengan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak guna meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen. Selain itu dengan adanya kerjasama akan memberikan payung kepada para mahasiswa dalam pelaksanaan merdeka belajar, praktik kerja lapangan maupun permagangan. Dilatarbelakangi hal tersebut, pada semester genap 2022-2023 prodi teknik mesin menggalang kerjasama dengan berbagai lembaga usaha, antara lain PT. Bayer Indonesia-Cimanggis Plant, PT. Surya Gemilang Buana, PT. Takumi Gemilang Seisakusho, dan Lembaga Pelatihan Kerja Jinzai Indonesia.

  1. Bayer Indonesia-Cimanggis Plant yang berkedudukan di Kota Depok merupakan Supply Center dari PT. Bayer Indonesia yang bergerak di bidang Life Science terkait kesehatan dan pertanian. Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan wawasan dan potensi melalui program pemagangan dan praktek kerja lapangan. Bidang yang dipelajari tentu saja terkait perawatan mesin dan otomatisasi proses produksi. Kesempatan ini tentu dimanfaatkan oleh prodi teknik mesin untuk menjembatani dan memberikan referensi kepada mahasiswa-mahasiswanya dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan maupun magang.
  2. Surya Gemilang Buana dan PT. Takumi Gemilang Seisakusho merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi molding atau cetakan untuk membuat komponen-komponen automotive. PT. Surya Gemilang Buana berkedudukan di Cibodas Kota Tangerang dan PT. Takumi Gemilang Seisakusho berkedudukan di Kawasan Jababeka Cikarang. Kedua perusahaan ini sudah cukup lama eksis dalam bidang permesinanan. Ada banyak mesin-mesin produksi berbasis CNC yang dioperasikan, tentu saja ini sangat sesuai dengan beberapa mata kuliah permesinan seperti teknik manufaktur dan proses produksi.
Baca Juga  Polres Tangsel Grebek Usaha Air Mineral Palsu Di Serpong

Terbaru prodi teknik mesin menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Jinzai Indonesia. LPK yang beralamat di Kreo Kota Tangerang merupakan LPK yang memberikan pembekalan ketrampilan kepada tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di Jepang. Arvin Ryan Senandito yang saat ini menjabat sebagai direktur adalah alumni prodi teknik mesin universitas pamulang. Berbekal pengalaman selama bekerja di Jepang, beliau berusaha menggandeng prodi teknik mesin universitas pamulang untuk bekerjasama dalam pelatihan perawatan AC dan pengelasan.

Harapan besar dari prodi teknik mesin Universitas Pamulang, dengan banyaknya lembaga dan instansi yang merajut kerjasama akan dapat lebih meningkatkan mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh prodi, memberikan alternatif bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian, praktek kerja maupun pengabdian kepada masyarakat.

Kontributor: Abdul Choliq (Dosen Teknik Mesin UNPAM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *