STIKES Widya Dharma Husada Sosialisasikan Penanggulangan Stunting Melalui Mpasi Bumbu Banten

TangselMedia-Pengabdian Kepada Masyarakat  (PKM) adalah salah satu bagian integral dari tri dharma perguruan tinggi, di mana dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain yaitu pendidikan dan penelitian. Pada tahun 2022 Bulan November, KEMENDIKBUD RISTEK memberikan insentif pengabdian kepada Masyarakat terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berbasis Kinerja Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi Perguruan Tinggi Swasta salah satunya diberikan kepada STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Insentif tersebut digunakan untuk pengabdian masyarakat yang tentunya melibatkan Dosen Bersama Mahasiswa.

Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Perguruan tinggi STIKes Widya Dharma Husada Tangerang dengan Hibah insentif tersebut berlokasi di Desa Pasireurih, Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut dengan tema “Peningkatan Kapabilitas Kader Kesehatan dan Ibu Balita Dalam Upaya Penanggulangan Stunting Melalui “MPASI- Bumbu Banten’’terdiri dari 4 orang dosen dan 5 orang mahasiswa dan melibatkan Dinas Kesehatan, Kecamatan, Puskesmas dan Kader Kader wilayah Desa Pasireurih, Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Kegiatan ini dilakukan selama 1 bulan yaitu bulan Desember 2022 dimulai dengan pengurusan perizinan pengabdian masyarakat, edukasi tentang Makanan Pendamping Asi dengan BUMBU Banten kepada masyarakat setempat, Pelatihan dan Pendampingan kepada para ibu dalam membuat MPASI Bumbu Banten, sampai dengan Monitoring dan Evaluasi implementasi dari hasil pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dan pemberian alat alat memasak MPASI kepada masyarakat tersebut, piagam, poster, booklet dan leaflet tentang MPASI.

Baca Juga  HUT Ke 60 BATAN Kian Gencar Kenalkan Produknya Litbangnya Ke Masyarakat

Selain itu dalam pelaksanaan Pengabdian Masyarakat juga dilakasanakan penandatanganan Kerjasama yaitu MOU, MOA dan Implementasi Arrangement dengan Dinas Kesehatan Kota Pandeglang, Kepala Puskesmas Cipeucang dan Kepala Kelurahan Pasireurih.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *