Dosen Unpam Sosialisasikan Toolkit Keamanan Siber Untuk Bisnis

TangselMedia-Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah dilakukan oleh tim dari Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang yang dilaksanakan pada 20 November 2022, bertempat di Desa Kadikaran, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang. Tim PKM terdiri dari dosen dan mahasiswa. Dosen tersebut meliputi Andry Septyanto, ST.,MM., Syahreen Nurmutia, ST.,MT. dan Dr. Ir. H. Dadang Kurnia, M. M., serta mahasiswa Desi Riska Yanti, Anisa Arsila Nazwa, dan Dio Fiqi Rahmatullah. Telah mengambil judul “Sosialisasi Toolkit Keamanan Siber Untuk Bisnis Dalam Menyambut Transportasi Digital”. supaya mengetahui alat keamanan yang dapat digunakan dalam menyambut transportasi digital UMKM.  Sosialisasi ini berlangsung di balai desa, dan disambut baik oleh kepala desa  tersebut yang telah memberikan kesempatan tim PKM Universitas Pamulang dalam melancarkan kegiatan ini.

Gambar 1. 1 Tim PKM., Teknik Industri Universitas Pamulang

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan target utama adalah sekelompok warga desa yang memiliki usaha dan pemuda atau karang taruna yang dapat membantu mendistribusikan pengetahuannya ke masyarakat lain. Selain itu, hal ini juga bermaksudkan supaya mereka mengetahui  alat keamanan siber yang dapat digunakan dalam menyambut transportasi digital UMKM. Siber merupakan sebuah wadah dimana terdapat komunitas yang saling tehubung atau terkoneksi satu sama lain menggunakan bantuan internet yang bertujuan untuk membantu memudahkan berbagai aktivitas di kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini terdapat juga upaya untuk melindungi keamanan data pribadi masing-masing. Salah satu Software atau aplikasi yang digunakan untuk membantu keamanan dalam sosialisasi ini yaitu contohnya Getcontact. Menurut Andry Septyanto, ST.,MM., selaku pembawa materi, sekitar 200 juta lebih masyarakat telah menggunakan aplikasi Getcontact  untuk mengamankan data. Pada penggunaan aplikasi ini sangat mudah dilakukan, kita bisa mencegah resiko terjadinya penipuan melalui identifikasi nomor yang tidak dikenal secara otomatis. Seperti fenomena baru-baru ini mengenai terjadinya hacker yang dapat mengakibatkan kerugian yang banyak. Warga desa yang mengikuti kegiatan ini juga telah mencoba mengaplikasikannya menggunakan hp masing-masing.

Baca Juga  Telkom Craft Indonesia, Ajang Membangun UKM Lokal Menuju Global

Dengan sosialisasi ini pula diharapkan warga desa sedikit demi sedikit dapat memahami bagaimana pentingnya harus menjaga keamanan data pribadi dan meningkatkan kesadaran atau bijak dalam menggunakan peralatan elektronik. Selain itu, Terima kasih kepada Ibu Rini Alfatitah, ST.,MT.,CMA. selaku  Kepala Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang, Bapak Dr. Ali Maddinsyah, SE.,MM. selaku Ketua LPPM Universitas Pamulang, Bapak Khasbunalloh, ST, MT selaku Koordinator PKM, Bapak Tedi Dahniar, ST. MT selaku Sekretaris Prodi Teknik Industri – Unpam  dan tim dosen yang akan melaksanakan kegiatan PKM, Bapak Nuralim selaku Kepala Desa Kadikaran dan Para warga desa dan karang taruna desa Kadikaran yang telah  mendukung kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini.***

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *