SMP Negeri 3 Tangsel Raih Sekolah Adiwiyata Mandiri

SMP 3 TangselTangselMedia.com – Masih di arena yang sama acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Riau pada Jumat, 22 Juli 2016, selain Kota Tangerang Selatan yang mendapatkan penghargaan berupa piagam Adipura, SMP Negeri 3 Kota Tangerang selatan mendapatkan Penghargaan berupa Adiwiyata Mandiri. Penghargaan tersebut merupakan tertinggi se Indonesia untuk lingkungan sekolah.

Menurut Kepala SMP Negeri 3 Tangsel Maryono, untuk mendapatkan Adiwiyata Mandiri perlu tahapan yang harus dipenuhi, seperti kebijakan pimpinan yang berbasis lingkungan. Seperti membuat gerakan peduli sampah, memiliki laskar, dan lainnya.

“Selain itu, sekolah harus memiliki kurikulum yang berkaitan dengan lingkungan. Semua pelajaran diarahkan kepada lingkungan. Selanjutnya kami harus bekerjasama dengan bermacam pihak di lingkungan sekitar dan dinas terkait,” ungkap Maryono.

Dirinya pun menerangkan bahwa di sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang mendukung terhadap lingkungan. SMP Negeri 3 Tangsel di sekolahnya memiliki sarana seperti tempat sampah organic dan non organik, pengolahan sampah, tanaman obat keluarga, sumur serapan, green house, kantin sehat dan lainnya.

“Sebagai syarat untuk kita bisa memperoleh Adiwiyata Mandiri, kita harus bisa mengelola dan mengajak minimal 10 sekolah binaan. Hal ini tidak mudah, karena 10 sekolah tersebut harus mau mengikuti langkah kita yang berbasis lingkungan,” jelasnya.

10 sekolah binaan tersebut, yakni SMPN 10 Tangsel, SMP Al Fath, SMP Al Syukro, SMP 2 Mei, SMP Bintang Kejora, SMP Tarakalfia, SMP Harapan Bangsa, SMP Azkia, SMP Pembangunan Jaya, dan SD Labschool.

“Dari 10 sekolah ini, 1 diantaranya sudah masuk Adiwiyata Nasional, sedangkan tiga diantaranya sudah masuk provinsi dan sedang proses masuk nasional,” bebernya. (Imam Chairudin)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply