9 Tips Puasa Sehat Untuk Orang Yang Menderita Maag

Lifestyle 0
9 Tips Puasa Sehat Untuk Orang Yang Menderita Maag

Pingpoint.co.id

TangselMedia – Menjelang bulan Ramadhan, dimana di mana umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh, banyak di antaranya yang sudah menyiapkan beberapa hal, seperti membeli bahan-bahan untuk sahur. Saat berpuasa, bagi penderita penyakit maag tentu tidak mudah, bahkan bisa mengganggu aktivitas penderitanya

Mengutip medicalogy.com (26/4/2019), penyakit maag terjadi akibat meningkatnya produksi asam lambung yang kemudian bisa menyebabkan iritasi pada lambung. Selain itu, penyakit lambung yang satu ini identik dengan pola makan yang tidak teratur atau sering terlambat makan, sering mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung dan stres.

Salah satu gejala khas dari penyakit maag adalah rasa nyeri atau perih pada ulu hati, meskipun penderitanya baru selesai makan. Gejalan lainnya seperti mual yang terkadang disertai muntah dan perut kebung. Gejala inilah cukup mengganggu aktivitas penderitanya sehingga saat menjelang puasa tidak sedikit penderita maag yang takut tidak bisa menjalani ibadah satu bulan penuh.

Nah, bagi penderita maag yang tetap ingin berpuasa, ada tips agar Anda tetap sehat selama satu bulan di bulan Ramadhan. Berikut tujuh tips sehat agar puasa lancar dan keluhan maag pun bisa berkurang yang dikutip dari beberapa sumber (26/4/2019).

  1. Pilih makanan yang bisa dicerna dengan lambat pada saat sahur, seperti makanan berkarbohidrat. Tujuannya agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.
  2. Makanlah mendekati imsak saat sahur, dan segera berbuka saat maghrib.
  3. Konsumsi makanan dengan porsi yang kecil terlebih dahulu saat berbuka puasa. Setelah itu, barulah konsumsi makanan berat. Konsumsi makanan lebih baik diatur dengan cara lebih sering mengonsumsinya dalam porsi yang kecil, dibandingkan dengan sekaligus makan dengan porsi besar.
  4. Konsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan serat, kalium, karbohidrat dan magnesium seperti kurma, kacang almond dan pisang. Jenis makanan tersebut sangat baik untuk tubuh ketika berpuasa.
  5. Cukupi kebutuhan air putih setiap hari dengan minum sekitar 8-12 gelas per hari.
  6. Hindari makanan jenis sayuran seperti sawi dan kol, dan jenis buah seperti nagka dan pisang ambon. Makanan lain yang perlu Anda hindari antara lain kue tar, cokelat, gorengan, keju, beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi, singkong dan talas.
  7. Jangan mengonsumsi makanan yang secara langsung bisa merusak diniding lambung, seperti makanan yang mengandung cuka, makanan pedas, dan merica.
  8. Hindari konsumsi minuman mengandung gas seperti minuman bersoda atau minuman yang bisa merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, susu full cream, anggur putih, atau minuman beralkohol.
  9. Sebaiknya penderita maag tidak tidur setelah sahur, karena jika langsung tidur bisa meningkatkan risiko asam lambung naik.
Baca Juga  10 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sembilan tips di atas bisa Anda terapkan saat sudah mulai berpuasa agar tetap sehat tanpa terganggu aktivitas hari-hari Anda.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply