Berpetualang Menuju Air Terjun Curug Putri

Wisata
Image credit : disbudpar.bantenprov.go.id

Image credit : disbudpar.bantenprov.go.id

TangselMedia.com – Curug atau air terjun yang ada di Pandeglang Banten adalah Curung Putri. Curung Putri terletak di Desa Cilentung, Kec. Pulosari, Kab. Pandeglang, Provinsi Banten. Dinamakan Curug Putri karena penduduk Sekitar percaya bahwa dahulu curug tersebut merupakan tempat mandinya para putri dari khayangan yang ditandai dengan munculnya pelangi di atas Gunung Pulosari.

Objek Wisata Curug Putri

Di tempat wisata ini, hal yang pertama anda nikmati adalah keindahan air terjun yang indah. Selain itu, pemandangan alam kawah gunung pulosari dan puncak manik -begitu orang Pandeglang menyebutnya-. Trek jalan menuju ke objek wisata ini yang menanjak juga akan menjadikan pengalaman tersendiri bagi anda yang menyukai sebuah petualangan.

Jalan Menuju Curung Putri

Akses menuju air terjun sangat terjal dan berliku. Penuh tantangan! Anda perlu stamina yang prima. Karena lokasinya berjarak 25 km dari pusat Kota Pandeglang dengan rute yang ditempuh Kota Pandeglang – Mengger menuju Mandalawangi – Cilentung – Curug Putri. Keadaan jalan menuju ke sana cukup bagus akan tetapi sempit dan berkelokan. Sesampainya di belokan ke arah Gunung Pulosari jalan masih berbatu dan terjal.

Dari Kota Tangerang arahkan kendaraan ke Menger, setelah sampai di pertigaan Menger ambil jalur lurus ke arah Mandalawangi. Sesampainya di Pasar Pari ambil jalur lurus ke arah Carita hingga tiba di Desa Ciletung, di desa ini ada plang petunjuk berwarna hijau dengan tulisan “ 1. Air Terjun Curug Putri dan 2. Kawah Gunung Pulosari ”. Selanjutnya, ambillah belokan ke kiri ke arah Gunung Pulosari.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, Anda akan naik dua kali angkutan kota (angkot) yang berbeda jurusan yaitu, dari Kota Pandeglang naik angkot menuju Mengger. Dari Mengger ganti angkot dengan trayek menuju Desa Pari. Selanjutnya, Anda dari Desa Pari diteruskan dengan menggunakan ojek atau berjalan kaki menuju pos pintu masuk lokasi air terjun. Setibanya di pos pintu masuk di Desa Ciletung perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang berbatu sekitar 2 km menuju lokasi curug berada.

Tiket dan Parkir

Untuk tiket masuk Air Terjun Curug Putri adalah sebesar Rp 5.000 per orang. Wisata lain tak jauh dari lokasi wisata ini sekitar 800 m terdapat Kawah Pulosari. Selain itu, terdapat juga objek wisata alam lain berupa sumber air panas.

Siapkan ekstra tenaga jika ingin berbasah-basahan di bawah derasnya air terjun. Suasana alamnya cukup bersahabat bagi pengunjung. Rimbunan pepohonan hijau dari hutan tropis akan menemani Anda di sana. Selamat berwisata alam, ingat selalu untuk menjaga kebersihan disekitar tempat wisata ya..

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.