BMKG: Gempa Ringan Kerak Dangkal Mengguncang Lebak-Sukabumi

Nasional 0
BMKG: Gempa Ringan Kerak Dangkal Mengguncang Lebak-Sukabumi

BMKG Gempa mengguncang Lebak, Banten, Sabtu, 7 Juli 2018.

VIVA – Wilayah Bayah, Lebak, Banten hingga Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 4,4 skala richter, Sabtu, 7 Juli 2018, pukul 10.56 WIB.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Daryono, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 7 Juli 2018.

Daryono mengatakan, hasil analisisBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan epicenter gempa ini terletak pada koordinat 6,91 Lintang Selatan dan 106,41 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km arah timur laut Kota Bayah, Kabupaten  Lebak, Provinsi Banten pada kedalaman 5 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif di zona Sesar Bayah.

Baca Juga  Kebutuhan Sampah Daur Ulang ke China Sebesar 5.500 Ton per Bulan

Hal ini sesuai hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan gempa ini dipicu karena deformasi batuan, dengan mekanisme pergerakan sesar geser (strike slip fault).

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Cikatomas, Bayah, Cisolok, Caringin, Bantarkalapa, Lebaklarang dalam skala intensitas III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) dan Pelabuhan Ratu dengan skalai intensitas II-III MMI.

Banyak warga sempat lari berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Hingga saat ini, sudah terjadi 5 kali gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil. “Masyarakat dihimbau agar tetap tenang,” ujar Daryono. (ren)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply