Hoaks Tentang Prediksi Gempa Bumi Terjadi Lagi

Info Kota 0
Hoaks Tentang Prediksi Gempa Bumi Terjadi Lagi

Kemenko PMK meminta seluruh masyarakat untuk tidak menyebarkan berita bohong (hoax) sebagai salah satu dukungan terhadap penanganan bencana yang terjadi di Indonesia baru-baru ini. (Humas Kemenko PMK)

TangselMedia – Beberapa hari terakhir ini kembali ditemukan penyebaran informasi mengenai peringatan akan terjadinya gempa bumi di Padang dalam sepekan mendatang yang disebarkan melalui media sosial. Dalam unggahan yang diposting pada 5 Februari 2019  itu diinformasikan agar warga di Padang berhati-hati karena akan terjadi gempa bumi 7,6 SR di dasar laut Siberut.

Klaim       : Akan terjadi gempa bumi 7,6 SR di kedalaman laut Siberut dalam sepekan setelah 5 Februari 2019
Rating      : Salah/ Disinformasi

Baca Juga  Bupati Bogor Kaget Setelah Dengar Problomatika Di Hulu Ciliwung

Penjelasan :
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah berulang kali menyampaikan bahwa saat ini belum ditemukan teknologi yang bisa memprediksi terjadinya gempa bumi. Dalam beberapa kesempatan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa gempa bumi saat ini belum dapat diprediksi kapan akan terjadi. Dwikorita menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada satupun teknologi yang mampu memprediksi gempa bumi secara pasti dan akurat mengenai kapan dan berapa kekuatannya. Sehingga, jika beredar informasi yang berisi ramalan dan prediksi yang menyebutkan kapan dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi maka dapat dipastikan itu adalah kabar bohong.

Hoaks Tentang Prediksi Gempa Bumi Terjadi Lagi

Tangkapan layar klarifikasi anti hoaks Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika

Tags:

Related Posts

Leave a Reply