Dosen Unpam Berikan Peningkatan Kemampuan Berwirausaha UMKM Melalui Manajemen Keuangan di Masjid Al Ikhlas Villa Dago Tol Tangerang Selatan

TangselMedia-Wirausaha adalah kegiatan ekonomi di mana seorang individu mendirikan dan mengelola usahanya sendiri. Ini merupakan sebuah proses yang menekankan kreativitas dan keberanian individu tersebut untuk menjadikan usahanya sebagai mata pencaharian dan juga berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan. Secara tidak sadar, setiap aktivitas yang kita lakukan pasti berkaitan dengan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Di sisi lain jumlah pengangguran yang tinggi menjadi hambatan besar bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Masyarakat memiliki peran penting dalam mengurangi jumlah pengangguran di negara ini melalui aktivitas wirausaha.

Konsep manajemen keuangan berkaitan erat dengan kegiatan ekonomi. Dengan menerapkan pengelolaan atau manajemen keuangan yang baik, pelaku usaha dapat merencanakan, memanfaatkan, dan mengalokasikan dana yang dimiliki dengan cara yang lebih baik. Memahami konsep manajemen keuangan memiliki banyak manfaat bagi masyarakat khususnya pelaku usaha.

Sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen-dosen dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kewirausahaan selama periode tanggal 24 Februari s/d 25 Mei 2024. Program ini ditujukan pada calon dan pelaku usaha warga masyarakat yang berdomisili di perumahan Villa Dago Tol, Sarua, Ciputat, Tangerang Selatan. Selama periode tersebut, program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan ini dilaksanakan menjadi beberapa sesi dan topik yang berbeda-beda. Diharapkan pelatihan ini akan memberikan dampak yang luas tidak hanya pada masyarakat Villa Dago Tol khususnya di lingkungan RW 09 dan RW 11,  Sarua, Ciputat, Tangeran Selatan yang mengikuti kegiatan ini tapi juga Masyarakat pada umumnya.

Adapun yang terkait dengan pelatihan kewirausahaan mengenai manajemen keuangan, program Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengambil tema yaitu “Meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi UMKM melalui manajemen keuangan”. Dalam pelaksanaannya, dosen-dosen dengan konsentrasi manajemen keuangan dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang menyampaikan materi secara tuntas perihal pentingnya manajemen keuangan dalam berwirausaha. Hal ini menjadi penting karena akan mempengaruhi keberlanjutan bisnis yang dimiliki oleh pelaku usaha. Adapun materi pelatihan manajemen keuangan disampaikan oleh narasumber yaitu Adi Martono, S.T., M.M. yang merupakan dosen dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, juga sebagai praktisi bisnis perumahan dan berpengalaman di industry perbankan selama 17 tahun. Adapun dosen lainnya yang ikut mendampingi peserta pelatihan adalah Dr. Masno Marjohan, S.E., M.M. dan Dr. Lisdawati, S.E., M.M. Selain itu, agar proses pelatihan berjalan efektif, materi diberikan dengan cara yang mudah dipahami, tidak melulu teori sebagaimana di kampus, namun juga diberikan contoh-contoh konkrit yang umum terjadi di lapangan. Harapannya adalah calon dan pelaku usaha lebih mudah memahami dan mengimplementasikan materi yang diberikan ketika pelatihan sudah selesai.

Baca Juga  Usaha dan Doa, Kunci Sukses Tim Ratoh Jaroe SMPIT Auliya Raih Juara

Agar program dapat berjalan efektif dan efisien serta mendorong keaktifan peserta pelatihan dalam mengikuti program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan ini, metode yang dipakai adalah tatap muka dan diskusi. Peserta mendapatkan berbagai penjelasan mengenai  : pentingnya manajemen keuangan bagi calon dan pelaku usaha, prinsip yang harus dijalankan dalam mengimplementasikan manajemen keuangan, Langkah penting dalam manajemen keuangan, serta pemanfaatan transaksi online dalam berwirausaha.

Tidak kalah penting dalam pelaksanaan program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan ini adalah Yayasan Masjid Al Ikhlas, Sarua, Ciputat, Tangerang Selatan yang telah mengkoordinasikan peserta para calon dan pelaku usaha yang ada di RW 11 dan RW 19 Sarua, Ciputat, Tangerang Selatan untuk mengikuti program Pengabdian Kepada Masyarakat dosen-dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, juga menyediakan tempat dan sarana pendukungnya selama kegiatan berlangsung.

Perwakilan dari pengurus Masjid Al Ikhlas Villa Dago Tol, Drs. Gatot Kusjono, M.M. dalam sambutannya pada saat acara pembukaan menyampaikan bahwa program Pengabdian Kepada Masyarakat ini penting bagi calon dan pelaku usaha yang berdomisili di RW 11 dan RW 19 agar usaha mereka bisa tumbuh dan berjalan secara berkelanjutan, beberapa di antaranya memang calon-calon pelaku usaha yang masih minim pemahaman terhadap prinsip dan konsep berwirausaha. Sedangkan koordinator dosen-dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang yaitu Jeni Andriani, S.S., S.E., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini dilaksanakan untuk membantu calon dan pelaku usaha agar lebih memahami prinsip dan konsep berwirausaha serta sebagai bentuk kepedulian serta tanggung jawab dosen kepada masyarakat di sekita Universitas Pamulang.

Rangkaian pelatihan dan pendampingan kewirausahaan sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat ini diakhiri dengan program pendampingan kepada calon dan pelaku usaha. Di akhir sesi pelatihan khususnya calon pelaku usaha, dosen-dosen membantu untuk membuatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online dan mendaftarkan sertifikasi halal bagi pelaku usaha yang sudah memiliki usaha kuliner. Dengan begitu setelah selesai program Pengabdian Kepada Masyarakat ini, para calon dan pelaku usaha sudah memiliki legalitas dari negara berupa NIB serta kelak memiliki sertifikat halal khusus bagi pelaku usaha kuliner.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *