Mahasiswa Unpam Lakukan Installasi Pengeras Suara di Masjid As-Shobirin Sepatan Tangerang

TangselMedia-Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu dari Tridharma perguruan tinggi yang penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi. Oleh karena itu, tim dari Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di salah satu masjid yang terletak di Jl. Raya Mauk Km. 11, Sepatan, Pisang Jaya, Tangerang yaitu Masjid Ash-Shobirin.

Tim dari mahasiswa yang terdiri dai 6 orang anggota tersebut melakukan “Perbaikan & Perapihan Instalasi Pengeras Suara” yang ada di masjid. Dalam kegiatan ini mereka berkoordinasi dengan DKM Masjid untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Sebelumnya pada hari minggu tanggal 17 Maret 2024 para tim dari mahasiswa telah melakukan survey di lokasi Masjid untuk mengetahui bagian apa saja yang perlu untuk perbaikan & perapihan instalasi dari pengeras suara dan juga material-material apa saja yang harus disiapkan, Saat melakukan survey tim mahasiswa juga didampingi oleh phak DKM Masjid untuk berkoordinasi. Hasil survey tersebut diketahui tidak banyak yang harus dilakukan perbaikan dan perapihan instalasi dari pengeras suara masjid tersebut, Dan tidak ada penambahan speaker baru tetapi hanya menyesuaikan daya di Amplifier dan total daya yang dihasilkan dari semua speaker yang terpasang

Maka dari itu, dari hasil survey tersebut para mahasiswa berinisiatip untuk melakukan perbaikan dan perapihan dari pengeras suara masjid agar suara yang dihasilkan dari speaker tersebut menjadi lebih maksimal. Untuk melakukan kegiatan ini para tim mahasiswa berinisiatif juga untuk melakukan pembelian material seperti Klem kabel dan T Track.

Baca Juga  Pandemi Covid-19 Tak Menghalangi Pembelajaran Matematika Secara Daring

Kegiatan ini akhirnya dilaksanakan pada hari minggu, 19 Mei 2024. Sebelum melakukan kegiatan tak lupa tim dari para mahasiswa  dan juga pihak dari DKM Masjid melakukan breafing terlebih dahulu serta berdoa demi kelancaran kgiatan ini. Pekerjaan dimulai dari pengecekan Speaker yang terpasang diatas bagian masjid lalu dilanjut dengan perapihan di dalam masjid agar saat waktu memasuki sholat pengeras suara tersebut sudah rapih dan bisa digunakan. Kegiatan ini akhirnya selesai disaat sebelum menjelang waktu Ashar, ada perbedaan yang dirasakan dari hasil kegiatan tersebut yaitu suara dari speaker menjadi lebih keras dan merata dari sebelumnya.

Tujuan untuk memberikan pembelajaran, pelatihan, dan praktek langsung tentang cara pemasangan atau instalasi panel listrik dan komponen listrik lainnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perbaikan dan perapihan alat-alat kelistrikan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya terutama dalam hal rumah ibadah.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *