Dosen Unpam Kenalkan Bahasa Pemrograman Mathlab Kepada Remaja Masjid di Paninggilan Tangerang

TangselMedia-Sejumlah dosen dari Fakultas Teknik Universitas  Pamulang  telah melakukan kegiatan sosialisasi bahasa pemrograman Mathlab kepada remaja masjid Baiturrahman di Kelurahan Paninggilan, Ciledug, Tangerang (14/11/2021). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibantu oleh beberapa mahasiswa dari Teknik Elektro dan mendapat respon yang cukup hangat dari peserta yang secara umum berusia muda.

Bahasa pemrogram Mathlab merupakan bahasa pemrograman yang banyak di pakai dalam kegiatan sehari-hari di dunia teknik ataupun lainnya. Mathlab yang merupakan singkatan dari Mathrix Laboratory memiliki banyak keunggulan dalam membuat website atau aplikasi yang berbasis angka-angka. Walaupun terkesan rumit, namun jika dipelajari dengan rileks maka mempelajari mathlab sangatlah mengasyikan.

Dalam penjelasannya, Hedy Aditya Baskara, ST, MT yang menjadi ketua dari pengabdian masyarakat ini mengatakan jika dengan mempelajari mathlab dapat memperkirakan dan menganalisa berbagai hal.

“Penggunaan mathlab telah banyak digunakan untuk pemodelan, simulasi dan prototype, matematika dan komputasi, grafik keilmuan dan rekaya serta banyak lagi yang dapat digunakan untuk kebutuhan manusia”, papar Hedy.

Baca Juga  Orang Tua Bayi Kembar Siam Kesulitan Biaya Operasi Pemisahan Bayi Tersebut

Menanggapi pertanyaan yang dari peserta apakah dapat mengantisipasi bencana banjir, Hedy memberikan jawabannya.

“Pada prinsipnya mathlab dapat digunakan untuk memperkirakan dan mendeteksi terhadap berbagai hal termasuk pendeteksian bencana. Tentu saja dibutuhkan perangkat kerasnya agar system pendeteksian dapat dilakukan dengan baik. Dengan adanya deteksi dini terhadap potensi banjir tersebut maka dapat membantu masyarakat dari datangnya bahaya banjir”, jawab dosen dari prodi elektro ini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini berjalan dengan penuh antusias dari peserta dan mendapat respon yang cukup baik dari pengurus Masjid Baiturrahman, Peninggilan, Ciledug, Tangerang. Kegiatan PKM ditutup dengan do’a oleh Drs. Encep Saefudin, MM dan diakhiri dengan sesi foto bersama antara pelaksana PKM dengan peserta yang hadir.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply