Mahasiswa Teknik Mesin Unpam Buatkan Tong Sampah Dari Kaleng di TPQ As-Shiddiq, Cisauk

TangselMedia-Sehubungan dengan Tridharma perguruan tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dimana ketiga poin tersebut merupakan hal penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi. Tim dari Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut yaitu, Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tim mahasiswa ini terdiri dari tiga orang anggota. Dalam kegiatan tersebut mereka bekerja sama dengan Pimpinan TPQ As-Shiddiq Desa Suradita, Kecamatan Cisauk.

Pada tanggal 17 Desember 2022, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut telah dilaksanakan di TPQ As-Shiddiq Desa Suradita Kecamatan Cisauk, mereka memanfaatkan material  untuk membuat membuat tong sampah dari kaleng bekas cat. Adapun tong sampah  merupakan tempat kecil khusus untuk membuang sampah sementara. Kegunaan ataupun fungsi dari tong sampah ini adalah untuk memberikan tempat atau sarana pembuangan sampah sementara  bagi anak-anak di di TPQ As-Shiddiq  dalam membuang sampah sementara diharapkan dapat membantu anak-anak untuk lebih bisa menjaga kebersihan  dalam lingkungan belajar dan dapat menciptakan lingkungan yang bersih sehingga tercipta suasana yang nyaman.

Baca Juga  Pakar Ilmu Pemerintahan, Inu Kencana Syafiie Diundang Universitas Terbuka (UT) Kembangkan Bahan Ajar Cetak

Untuk teknis pelaksanaannya  kelompok PKM mahasiswa mempersiapkan terlebih dahulu alat serta bahan yang akan digunakan untuk pembuatan tong sampah, dari bahan kaleng bekas cat,cat warna dan kuas cat, lalu kaleng tersebut diberi pola gambar hewan supaya menarik dilihat oleh peserta didik TPQ As- Shiddiq. Setelah itu penempatan peletakan tong sampah tersebut dilakukan bersama anak-anak di TPQ As-Shiddiq Desa Suradita.

Tim mahasiswa memiliki semangat yang tinggi dari mulai pengumpulan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tong sampah sampai hari pembuatan. Tanggapan dari para anak-anak di TPQ As-Shiddiq Desa Suradita merasa sangat senang dan terbantu dengan dibuatkannya tong sampah dari bahan kaleng ini. Harapan dari tim mahasiswa adalah tong sampah tersebut dapat digunakan dengan baik dan tahan lama.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *