Kelurahan Cempaka Putih Launching Koperasi Patih

Kelurahan Cempaka Putih Launching Koperasi patihTangselMedia.com — Menurut laman tangerangselatankota, sebagai langkah awal dalam melakukan perbaikan perekonomian masyarakat, Kelurahan Cempaka putih Kecamatan Ciputat Timur Melaunching Koperasi Patih. Peresmian ini dilakukan di Kantor Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Rabu 11 Mei 2016.

Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kota Tangerang selatan, turut serta memeriahkan dan memberikan dukungan untuk Kelurahan Cempaka Putih dalam membangun wilayahnya. “Launching koperasi Patih adalah momentum kegiatan ekonomi yang strategis, berdaya guna, dan juga sebagai langkah awal dalam melakukan perbaikan ekonomi kerakyatan secara nyata,” ujar Sekretaris Kelurahan Cempaka Putih, Yudo Hadiyanto.

Yudo mengatakan, tidak memiliki target tertentu untuk Koperasi Patih, selain keberlangsungan dan berkelanjutan sehingga benar-benar dapat mewujudkan ekonomi kerakyatan. “Tidak ada target tertentu, yang terpenting adalah koperasi Patih dapat berjalan teratur dan berkelanjutan. Sehingga masyarakat benar-benar dapat merasakan manfaatnya,” tukasnya.

Lurah Cempaka Putih Tarmizi menambahkan, dengan adanya koperasi Patih ini, ia berharap agar masyarakat dapat mengerti perihal manfaat dari koperasi. Sehingga keberadaan koperasi menjadi wadah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya Koperasi Patih, masyarakat dapat lebih mengerti lagi, perihal manfaat adanya koperasi bagi pertumbuhan perekonomian mereka, karena koperasi patih dapat menampung hasil produk-produk yang mereka buat. Disamping itu juga diharapkan keberadaan koperasi patih dapat menjadi ajang silaturrahmi bagi kita semua,” paparnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan Warman Syanudin mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung usaha yang dilakukan oleh Kelurahan Cempaka Putih.

“Koperasi Patih menjadi kebanggaan bagi Kelurahan, Kecamatan Ciputat Timur dan Kota Tangsel, yang harus kita dorong untuk dijadikan contoh bagi kelurahan-kelurahan yang ada di tangsel,” papar Warman.

Koperasi Patih proses badan hukumnya sedang disiapkan, karena ini sesuai dengan aturan Kementerian. Selain badan hukum koperasi, Dinkop dan UKM akan mendorong pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari hasil produk atau kreativitas para pelaku pengusaha.

Warman yakin, jika keberadaan Koperasi Patih dapat menyaingi keberadaan koperasi-koperasi lain yang ada di Tangsel. Keyakinan tersebut dilandasi oleh antusias warga Cempaka Putih dalam terlibat aktif mengembangkan usaha. Dengan begitu ia berharap agar masyarakat dapat lebih aktif lagi dalam menjalankan Koperasi Patih.

“Saya sangat optimis, bahwa koperasi patih akan mengejar koperasi yang sudah lama, bahkan akan bergerak lebih cepat dan lari kencang, berkat dukungan masyarakat yang sangat bagus, lurah dan keberadaan jajarannya yang sudah bagus, ditambah lagi dengan administrasi yang lengkap. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan yang lain, dan diharapkan masyarakatnya lebih aktif lagi, karena kalau koperasi tidak diikuti oleh keaktifan masyarakat ia akan menjadi koperasi yang pasif,” jelasnya.

Anggota Komisi 1 DPRD Kota Tangerang Selatan, Indah Dewi Damayanti berharap agar Koperasi Patih dapat meningkatkan potensi dan taraf hidup anggota dan masyarakat wilayah Cempaka Putih.

“Ini merupakan momentum yang sangat baik dalam meningkatkan potensi dan taraf hidup masyarakat, khususnya anggota koperasi Patih sendiri, dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif, kreatif dan inovatif. Jadi keberadaan koperasi Patih harus selalu bersinergi dan berkelanjutan dalam hal apapun, tentunya harus selaras dengan prinsip mereka, yakni terbuka, partisipatif, kebersamaan, dan kekeluargaan,” katanya.

Selain Launching Koperasi Patih, Kelurahan Cempaka Putih juga Launching Majalah Patih, Pelantikan pengurus Kelompok Sadar Kamtibmas (KSK) sub sektor Cempaka Putih, Lembaga Pemberdayaaan Masyarakat (LPM) dan Karang Taruna Kelurahan Cempaka Putih. (Imam Chairudin)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply