Kontes International Flowerhorn Association Di Tangsel

lohanLouhan adalah salah satu jenis ikan yang sangat unik, kepalanya yang nonong alias jenong menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ikan. Selain itu tubuhnya memiliki sisik yang beraneka ragam, kaya warna serta sering kali memiliki motif yang unik. Motif-motif unik yang ada di tubuh ikan Louhan inilah yang seringkali membuat harga ikan ini menjadi sangat mahal, beberapa di antaranya bahkan ada yang menampilkan motif tulisan kanji maupun angka-angka tertentu, motif-motif unik tersebut mampu membuat seekor ikan Louhan dihargai sekitar Rp. 300 juta. Harga ini tentu saja membuat kita terbelalak, namun hal ini sudah lumrah dikalangan pencinta ikan hias.

Pada awalnya Louhan banyak di sukai oleh penduduk Taiwan, mereka percaya bahwa ikan Louhan dapat memberikan keberuntungan bagi sipemiliknya. Berbagai jenis Louhan yang ada saat ini merupakan hasil perkawinan silang antara ikan jenis Cichlid dan Parrot Cichlid.

Ada beberapa jenis ikan Louhan cukup terkenal diantaranya.

1.Chinwa
2.Cencu
3.Golden Base
4.Free Head
5.Free Marking, dan
6.Classic

Pada tanggal 29 s/d 2 November kemarin, diadakan sebuah kontes unik di East Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan. Kontes ini sangat unik sekali karena yang mengikutinya bukanlah manusia melainkan ikan-ikan Louhan yang semuanya lucu-lucu, unik dan mengagumkan.
Kontes itu sendiri dinamakan International Flowerhorn Competition. Kontes ini menampilkan kurang lebih 76 peserta yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Malaysia, Thailand bahkan ada juga peserta yang berasal dari Amerika. Dalam kontes ini penjurian dilakukan dengan cara memilih:

1.Bentuk kepala terbaik
2.Warna terbaik, serta
3.Corak terbaik.

Lomba yang diadakan oleh persatuan pencinta Louhan Indonesia (P2LI) bertujuan untuk menarik minat para pencinta ikan hias dan juga sebagai ajang pengembangan ikan hias di Tanah Air, khususnya ikan Louhan.
Kontes ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori Cinhwa Free Marking dan Golden. Satu yang mengejutkan dan sangat mengembirakan adalah kontes ini dimenangi oleh salah satu putra bangsa. Dia adalah joe, yang dalam kesempatan tersebut mengakui bahwa sudah mencintai jenis ikan ini sejak 1 tahun yang lalu.
Berikut adalah daftar para pemenang lomba dalam kontes ikan Louhan

1.Kategori The best of head, ikan milik Phuan Ck asal Malaysia
2.Kategori The best of perl, ikan milik Alexa asal Jakarta
3.Kategori The best of body, ikan milik Paulus asal Jakarta
4.Kategori The best of color, ikan milik Jaya Raja asal Samarinda, dan yang terakhir
5.Kategori The best of people choice, ikan milik Juriz Louhan
Kontes-kontes seperti ini sering sekali diadakan tentunya dengan hadiah yang juga sangat menarik. Selain itu event ini sering dijadikan tempat berkumpulnya para pencinta ikan hias dari berbagai belahan dunia.
Bagi anda yang penasaran dan ingin memelihara ikan Louhan ada baiknya anda memperhatikan tips-tips berikut ini sebelum membeli ikan Louhan.
1.Pilihlah ikan Louhan yang berkepala jenong dan jenongnya harus proporsional.
2.Pilihlah ikan Louhan yang tampak sehat, ikan Louhan yang sakit biasanya bisa dilihat dari bercak-bercak serta benang-benang putih atau jamur yang menempel di tubuhnya.
3.Pilihlah ikan Louhan yang memiliki badan tidak terlalu panjang.
4.Ambil Louhan yang terlihat agresif dan terbiasa dengan manusia, sehingga tidak akan mudah stres.
5.Perhatikan pada bagian matanya, pastikan bahwa matanya merah satu lingkaran penuh.
6.Sirip atas dan bawah bawah serta ekor seimbang.

Ikan Louhan dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan jenis jenongnya, yang pertama adalah Waterhead yang kedua adalah Bonehead. Umumnya penggemar ikan hias lebih memilih Watehead karena jenongnya yang lumayan besar. Untuk dapat memelihara ikan Louhan dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena ikan ini berharga sangat mahal, biasanya ikan Louhan berharga kisaran puluhan juta, tergantung jenong, warna dan motifnya. Anda dapat mencari beberapa tips dan trik untuk memelihara ikan Louhan dengan membeli buku atau mencari panduan-panduan yang terdapat di internet misalnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.