LIPI: Kelamaan di Kali Grogol Membuat Buaya Stres, akan Cari Tempat Tinggal Lain

LIPI: Kelamaan di Kali Grogol Membuat Buaya Stres, akan Cari Tempat Tinggal Lain

Pemburuan buaya di Kali Ancol Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom

TangselMedia – Buaya yang membuat gempar diperkirakan tidak tahan di Kali Grogol yang kotor. Biaya tersebut akan mencari tempat tinggal baru yang lebih cocok dan nyaman.
“Ya, (buaya itu akan) pergi, menjauh dari Kali Grogol. Pasti dia akan mencari habitat yang lebih cocok, nyaman buat dia,” ujar Peneliti Herpetologi LIPI Helen Kurniati kepada detikcom, Kamis (28/6/2018).

Helen berspekulasi, buaya itu lolos dari penangkaran atau tempat tinggal sebelumnya karena banjir. Secara alami, buaya muara tidak akan menuju habitat yang airnya kotor karena akan stress.

Baca Juga  SIT Auliya Innovation Meeting 2018 "Lets Grow For The Better"

“Kalau menurut saya, selapar-laparnya buaya kalau dia asal alam, nggak akan dia pergi ke air kotor. Dia nggak mau,” kata Helen.
Helen mengatakan ada potensi buaya muara itu menuju permukiman di bantaran sungai. tetapi, pergerakan tidak akan lebih jauh dari itu.
“Ya bisa, (permukiman) yang bantaran-bantaran sungai itu bisa. Tapi kan saya nggak yakin karena Kali Grogol itu kan kotor ya. Saya nggak yakin dia (buaya) karena kan dia pasti stres di situ, dengan lingkungannya. Pasti dia (buaya) nggak bertahan lama di situ. Saya yakin itu,” pungkas Helen.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply