Mahasiswa Unpam Berikan Perapihan Installasi Penerangan Masjid As Shobirin Sepatan Tangerang

TangselMedia-Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu dari Tridharma perguruan tinggi yang penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi. Oleh karena itu, tim dari Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di salah satu masjid yaitu Masjid Ash-Shobirin yang terletak di Jl. Raya Mauk Km. 11, Sepatan, Pisang Jaya, Tangerang.

Tim dari mahasiswa yang terdiri dai 5 orang anggota tersebut melakukan instalasi dan perapihan penerangan yang ada di masjid. Dalam kegiatan ini mereka berkoordinasi dengan DKM Masjid untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Sebelumnya pada bulan, maret para mahasiswa telah melakukan survey di lokasi Masjid untuk mengetahui bagian dan apa saja yang perlu untuk perbaikan instalasi dan juga penambahan penambahan penerangan. Saat melakukan survey tim mahasiswa juga didampingi oleh phak DKM Masjid untuk berkoordinasi. Hasil survey tersebut diketahui ternyata cukup banyak yang harus dilakukan perbaikan dan perapihan instalasi serta dilakukan penambahan penerangan. Misalnya penambahan penerangan untuk area depan masjid yang ternyata lampu yang ada di area depan sudah mati serta belum terdapat lampu untuk halaman masjid.

Maka dari itu, dari hasil survey tersebut para mahasiswa berinisiatip untuk melakukan perbaikan dan perapihan instalasi listrik pada masjid dan juga melakukan penambahan penerangan. Untuk melakukan kegiatan ini para mahasiswa berinisiatif juga untuk melakukan pembelian material seperti lampu, fitting, tombol sakelar, kabel, dan pipa konduit.

Baca Juga  Unpam Gelar PKM Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan PKM Berbasis Hasil Penelitian Bertema Penerapan Teknologi Filterisasi di Kampung Cibeber, Lebak, Banten

Kegiatan ini akhirnya dilaksanakan pada hari minggu, 19 Mei 20024. Sebelum melakukan kegiatan tak lupa tim dari para mahasiswa  dan juga pihak dari DKM Masjid melakukan breafing terlebih dahulu serta berdoa demi kelancaran kgiatan ini. Pekerjaan dimulai dari perbaikan dan perapihan di dalam masjid agar saat waktu sholat Dzuhur, area tersebut sudah rapih serta tidak terganggu saat sholat Dzuhur, setelah itu dilanjutkan area luar Masjid. Kegiatan ini akhirnya selesai saat menjelang waktu Maghrib dan di saat melakukan ibadah penerangan serta instalasi sudah baik. Bisa di lihat misalnya arean halaman Masjid yang sebelumnya gelap kini sedah terang dan juga instalasi kabel di dalam masjid kini sudah rapi.

Tujuan untuk memberikan pembelajaran, pelatihan, dan praktek langsung tentang cara pemasangan atau instalasi panel listrik dan komponen listrik lainnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemasangan lampu, sehingga kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya, terutama di malam hari, dapat terjamin. Dengan instalasi kelistrikan yang sudah rapi dan penerangan yang sudah memadai diharapkan jamaah yang beribadah di Masjid menjadi lebih nyaman. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *