Mahasiwa Unpam Lakukan Sosialisasi Kemasan Kripik Bagi Pelaku UMKM di Desa Rumpin, Bogor

TangselMedia-Pelaksanaan Pengabdian kepada masyrakat merupakan salah satu tridharma perguruan yang dapat di laksanakan di kehidupan sehari hari. Mahasiswa universitas pamulang melakukan kegiatan PKM pada tanggal 14 Mei 2023 di Dusun Kampumg Bojong, RT.07 RW 02 No. 64 Desa Kampung Sawah, kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Mahasiswa universitas pamulang Prodi Teknik Industri melakukan Sosialisasi Kemasan Produk bagi pelaku usaha keripik, bertujuan untuk meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan oleh penduduk di Desa Kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kab. Bogor. Selain itu, dengan adanya sosialisasi ini akan menambah wawasan kepada masyarakat pentingnya untuk memiliki kemasan yang aman dan menarik bagi produk yang dihasilkan. Dari jurnal ini sasarannya adalah produk yang dihasilkan oleh masyarakat dapat dikenal dan dijual dengan kualitas yang mempunyai daya saing tinggi.

Pada kegiatan sosialisasi ini acara di bawakan oleh Abi alyasa, Alya Nareswari raihan, Daffa riski , Eko Nugroho, Nerdi Setiawan mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik , Universitas Pamulang, serta di bimbing oleh dosen universitas pamulang ibu junaenah S.T.,M.M. Kemasan produk secara umum adalah suatu wadah ataupun pembungkus yang memiliki fungsi untuk mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk yang dikemas.

Sementara itu, ada juga yang mengatakan bahwa pengertian kemasan produk adalah suatu material pembungkus produk yang memiliki fungsi untuk menampung, melindungi, mengidentifikasi, dan mempromosikan produk. Dalam hal tersebut, fungsi kemasan tidak hanya berguna untuk melindungi produk, tapi juga berfungsi sebagai alat pemasaran dan juga membangun identitas brand serta meningkatkan penjualan.

Desa Kampung Sawah merupakan wilayah dengan penduduk bekerja mayoritas disektor hasil pertanian, masyarakat tersebut mengolah hasil panen (pisang dan singkong) menjadi keripik. Namun, hasil olahan masyarakat dipasarkan dengan kemasan ala kadarnya, sehingga memiliki nilai jual dan daya saing yang rendah dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang pengaruh kemasan terhadap produk makanan. Oleh karena itu, kami Mahasiswa Universitas Pamulang berusaha untuk membantu memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Kampung Sawah. Sosialisasi Kemasan Produk Bagi Pelaku Usaha Keripik , kami pilih karena pengaruh sebuah kemasan berdampak terhadap nilai jual sebuah produk dan akhirnya akan menambah penghasilan ekonomi masyarakat setempat, hal ini sesuai dengan pendapat ahli Kotler dan Gary Amstrong (2000) berpendapat bahwa pengertian kemasan produk adalah adalah salah satu kegiatan yang mencakup Desain dan produk, sehingga kemasan yang ada pada produk tersebut bisa berfungsi dengan baik dan produk yang ada di dalamnya bisa terlindungi.

Baca Juga  Keluarga Alumni SMAN 57 (KAMI 57) Gelar Acara Bakti Sosial di Lingkungan Sekitar

Dalam acara ini di hadiri oleh pelaku umkm serta tokoh masyarakat sekitar, masyarakat cukup antusias saat mengikuti rangkaian acara yang kami adakan . sebelumnya warga Desa Rumpin, membungkus hasil olahan kripik dengan bungkus seadanya dan terkesan kurang menarik dengan kami adakan sosialisasi ini di harapkan warga dapat menghasilkan produk yang berkualitas serta menarik sehingga akan menarik minat konsumen dan pada akhirnya menambah penghasilan bagi warga. Kegiatan PKM ini memberikan pengalaman dan kesan yang baik bagi kami serta warga Desa Rumpin, Bogor dengan di selenggarakannya acara ini kami selaku mahasiswa Teknik Industri universitas pamulang mengucapkan terima kasih kepada warga dan tokoh masyrakat desa Desa Kampugn Sawah Kecamatan Rumpin, Bogor. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *