Menata Hidup Dengan Prinsip Kaizen

Oleh : Desi Riska Yanti*

 

Setiap orang pasti memiliki impian untuk hidup dengan damai.Diantara kita seringkali menata hidupnya dengan kebiasaan yang membuatnya nyaman. Konsep yang telah direncanakan semaksimal mungkin dan mengharuskan kita berdamai dengan lingkungan,juga terkadang berbanding terbalik oleh keadaan. Sehingga hanya diri sendiri yang dapat memahami dan mengubah semuanya. Ketahuilah prinsip Kaizen yang diterapkan oleh orang jepang bertujuan untuk menata hidupnya supaya terhindar dari rasa malas.

Sebagian aktivitas dalam kehidupan yang diterapkan di Indonesia membutuhkan waktu yang cukup lama. Menurut beberapa hasil survey pada tahun 2020, menunda-nunda waktu merupakan kebiasaan orang Indonesia. Namun disisi lain,biasanya terdapat keinginan terlalu kuat untuk mendapatkan hal yang terbaik. Tidak dapat dipungkiri jika keinginan tersebut tak terwujudkan.

Mengenal Istilah kaizen,

Apa itu kaizen?

Kaizen berasal dari kata ‘kai’ (perubahan) dan zen (baik).Sebagian besar,orang mengenal kaizen dengan ‘prinsip satu menit’ untuk perbaikan diri. Kaizen adalah suatu filosofi dari jepang yang memfokuskan diri pada pengembangan dan penyempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan.Konsep kaizen diperkenalkan oleh Masaaki Imai,seorang konsultan manajemen Jepang.

Kaizen dapat dilakukan pada kegiatan sehari-hari yang sederhana. Tujuannya untuk melampaui peningkatan segala produktivitas.Untuk menerapkan kaizen perlu adanya komitmen yang cukup kuat,karena pada dasarnya dilakukan supaya terdapat perubahan dan kemajuan yang lebih baik kalam hidup secara perlahan serta berkelanjutan.Setidaknya membiasakan diri untuk melakukan aktivitas selama satu menit,setiap hari pada waktu yang sama. Maka akan terdapat perubahan yang terlihat.

Bagaimana orang jepang dalam menerapkan prinsip kaizen?lalu apakah bisa,kaizen diterapkan di Indonesia? 

Di Jepang,kaizen merupakan teknik yang diterapkan untuk meningkatkan keterampilan manajemen dan mendorong pertumbuhan pribadi.Hampir seluruh masyarakat disana hidupnya terlatih dengan menerapkan kebiasaan dengan prinsip kaizen.Prinsip ini diterapkan oleh orang tua dalam mendidik anaknya mulai dari kecil.Dengan kebiasaan ini,anak-anak Jepang akan terlatih dengan rutinitas kecil yang positif hingga membudaya sampai mereka bertumbuh dewasa.Dari sinilah mereka mulai disiplin dan sadar akan pentingnya melakukan dengan prinsip satu menit pada berbagai hal.

Bukan hanya itu,kaizen di Jepang didasarkan pada membuat sedikit perubahan secara teratur dengan selalu meningkatkan produktivitas,keamanan dan efektifitas sekaligus mengurangi limbah.Kebanyakan orang jepang juga menerapkan prinsip kaizen pada dunia pekerjaan dan kehidupan sehari-hari yang diiringi dengan gerakan 5S (Seiri,Seiton,Seiso,Seiketsu,dan Shitsuke).Seperti yang dikenalkan oleh perusahaan besar yaitu Toyota.Salah satu perusahaan yang paling maju dalam bidang pembuatan mesin pada tahun 1980.

Prinsip kaizen ini dapat dilakukan oleh siapapun dalam bidang kehidupan apapun.Apalagi jika diterapkan di Indonesia akan sangat bisa untuk orang-orangnya yang relatif kurang disiplin.Mudahnya,tinggal hanya perlu meluangkan waktu satu menit setiap hari untuk melakukannya menjadi kebiasaan.Contohnya,jika kita ingin olahraga dengan rutin,maka harus fokus selama satu menit melakukan,setiap hari pada waktu yang sama.

Namun,di Indonesia sebagian orang yang mengetahui prinsip kaizen,kebanyakan menerapkannya hanya dalam bidang pekerjaan saja.Padahal sangat penting jika diterapkan di lingkungan sosial,kondisi inilah dapat mempengaruhi orang lain untuk ikut menerapkan.Disisi lain,masyarakat Indonesia sendiri juga belum semuanya mengenal prinsip tersebut.Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya memanfaatkan teknologi dalam menggali informasi yang tersedia.

Baca Juga  Dosen Agama Unpam Menggelar Workshop Menulis Bagi Generasi Milenial

Apa saja sih tips menata hidup dengan prinsip kaizen?

Dengan tujuan yang mendasar untuk menata hidup.Setiap orang memiliki cara berbeda.Akan tetapi,pada artikel ini akan dijelaskan mengenai tips menata hidup dengan prinsip kaizen.Berikut tips yang perlu dicoba untuk para pembaca artikel ini:

  1. Menentukan tujuan hidup

Ketika hidup selalu melakukan tindakan tanpa tujuan,hanya akan berakhir dengan kelelahan.Dengan demikian,kita dapat menentukan tujuan hidup terlebih dahulu untuk menghasilkan akhir yang memuaskan.Tujuan hidup ini juga harus berhasil dengan tindakan yang dijalankan sesuai prinsip satu menit.

2. Menggunakan pemikiran kecil

Pemikiran kecil disini tidak ditekankan untuk membatasi kita untuk berpikir yang terlalu besar.Melainkan kita diajarkan untuk melatih pada hal-hal kecil yang akan dirubah tanpa membayangkan terlebih dahulu.

3. Melakukan tindakan kecil untuk memulai perubahan yang memiliki keberhasilan tinggi

Pada Prinsip Kaizen segala sesuatu dimulai dari hal-hal kecil secara bertahap hingga menjadi kebiasaan.Maka tujuan hidup,pemikiran kecil,akan  menjadi nyata jika tindakan juga dilakukan dengan bertahap.Kuncinya yaitu konsisten sampai tidak ada motivasi yang mengharuskan melakukan tindakan lagi.

4. Mengapresiasi hal-hal kecil

Untuk memberikan imbalan terhadap diri sendiri,kita perlu mengapresiasi hal-hal kecil yang telah berhasil dilakukan.Dalam apresiasi ini,akan dapat mengubah hidup kita menjadi kepuasan tersendiri.

5. Mengelola dan menghargai waktu 

Berbagai orang akan selalu bisa melakukan segala hal dengan baik.Tetapi,perlu juga dengan mengelola dan menghargai waktu dengan sebaik mungkin.Misalnya dalam membuat planning untuk beberapa hari ke depan juga harus tetap memperhatikan waktu supaya lebih efisien dan tidak ada waktu yang terbuang dengan percuma.

6. Fokus pada perbaikan terus-menerus

Fokus disini sangat bertumpu pada perbaikan terus-menerus.Dalam mencapai keberhasilan juga masih membutuhkan perbaikan yang dilakukan untuk berhasil diimplementasikan.Hal ini dapat dilakukan sampai menemukan cara yang lebih efektif.Tujuannya yaitu untuk selalu fokus memperhatikan supaya terdapat keberhasilan.

7. Mengembangkan disiplin diri

Perlunya disiplin diri untuk keberhasilan planning yang telah direncanakan.Hal ini harus terus dikembangkan untuk melatih menjadi kebiasaan.Selain itu,disiplin diri dapat dilakukan saat kita menerapkan prinsip kaizen.

8. Konsisten dalam tindakan yang berpengaruh baik 

Konsisten merupakan hal yang paling sulit dilakukan dengan baik,karena terdapat kemungkinan pada kita untuk kembali pada kebiasaan sebelumnya.Namun,dalam kaizen dapat diketahui bahwa jika tidak dilakukan dengan konsisten maka hasilnya tidak akan sebanding.Kaizen juga mengajarkan perubahan baik yang dilakukan dengan konsisten.

Prinsip kaizen berbentuk investasi pada diri sendiri terutama dalam melatih otak.Hal terpenting yaitu berupa konsisten dalam melakukan konsepnya.Dalam menerapkan 8 tips menata hidup diatas,segala planning dapat tercapai dengan baik.Selain itu,prinsip kaizen ini mengajarkan sesorang untuk merubah segala perubahan kecil yang selalu memiliki cara untuk mengatasinya.

Supaya terdapat manfaat saat membaca artikel ini,maka perlu untuk mencoba menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.Karena pada dasarnya arikel ini tidak mengajarkan untuk mencintai budaya luar dengan sepenuhnya dan melupakan budaya dalam negeri.Namun,dengan adanya perbedaan budaya,maka dapat disaring yang bisa diterapkan memberikan dampak positif.Kita juga dapat belajar budaya jepang lainnya yang dapat merubah hidup menjadi kebiasaan baik.Seperti Dogeza (budaya menghormati orang lain dengan membungkukan badan),Konmari(seni merapikan rumah),Kakeibo (seni menabung) dan lainnya.***

 

*Penulis adalah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

 

Tags:
Rate this article!

Related Posts

Leave a Reply