Menciptakan Generasi Millenial Produktif Melalui Pelatihan Manajemen Administrasi di Karang Taruna Rt 002 Rw 014 Desa Cipenjo, Bogor

TangselMedia-Sebagai makhluk sosial kita harus bisa berbaur dengan lainnya seperti dalan hal bekerja sama, tolong menolong, kegiatan kerja bakti dan lain-lain. Manfaat gotong royong dapat kita ketahui secara langsung. Kebersamaan antar masyarakat semakin dapat dirasakan dan semakin erat. Dalam aspek gotong royong juga terdapat berbagai masalah yang menjadi penghalang dalam suatu kegiatan. Hal tersebut harus segera diatasi oleh para pemuda karang taruna yang berperan. Berbagai kegiatan gotong royong sangat membawa dampak yang positif, bahwa kesadaran dari berbagai kalangan pemuda telah menjadi salah satu aspek penting dalam organisasi yang dimaksud kesadaran akan tanggung jawab.

Peserta dan Panitia Pengabdian Kepada Masyarakat

Pemahaman yang tepat tentang pentingnya administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai “keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna”.

Generasi milenial adalah salah satu generasi yang selalu bersikap reseptif ketika menghadapi sesuatu. Mereka selalu terbuka akan inovasi. Itu sebabnya mereka cepat beradaptasi dengan dunia digital. Generasi milenial memang dinilai sebagai generasi yang memiliki sikap, nilai, dan ciri khas tersendiri. Tidak heran saat ini banyak perusahaan-perusahaan startup yang maju di bawah kepemimpinan generasi milenial. Definisi di atas menurut Gie (200) terdapat tiga hal. Pertama: Administrasi merupakan suatu seni sekaligus sebagai proses. Sebagai seni, penerapan administrasi memerlukan kiat tertentu yang sifatnya sangat situasional dan kondisional. Kedua: Administrasi memiliki unsur-unsur tertentu, yaitu: adanya dua orang atau lebih, orang-orang tersebut bekerja bersama dalam hubungan yang sifatnya normal dan hirarkhis, adanya tujuan yang ingin dicapai, adanya tugas-tugas yang harus dilaksanakan dan tersedianya sarana dan prasarana tertentu. Ketiga: Bahwa admistrasi sebagai proses kerjasama bukanlah merupakan hal baru karena administrasi sesungguhnya timbul bersamaan dengan timbulnya peradaban manusia. Dengan alasan itulah sering dikatakan bahwa administrasi sebagai seni merupakan suatu fenomenon sosial.

Dari penjelasan di atas bahwa peran manajemen administrasi sangat penting dan diperlukan agar bisa mengatur proses administrasi dengan benar sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan.

Penjelasan mengenai Manajemen Administrasi

Peran Pemuda Karang Taruna Dalam Kehidupan Gotong Royong Masyarakat Kehidupan masyarakat tidak lepas dari sikap tolong menolong dan gotong royong antar sesama. Sebagai makhluk sosial kita harus bisa berbaur dengan lainnya seperti dalan hal bekerja sama, tolong menolong, kegiatan kerja bakti dan lain-lain. Manfaat gotong royong dapat kita ketahui secara langsung. Kebersamaan antar masyarakat semakin dapat dirasakan dan semakin erat. Dalam aspek gotong rotong juga terdapat berbagai masalah yang menjadi penghalang dalam suatu kegiatan. Hal tersebut harus segera diatasi oleh para pemuda karang taruna yang berperan. Berbagai kegiatan gotong royong sangat membawa dampak yang positif, bahwa kesadaran dari berbagai kalangan pemuda telah menjadi salah satu aspek penting dalam organisasi yang dimaksud kesadaran akan tanggung jawab. Pemuda karang taruna bertekad untuk memajukan kehidupan masyarakat yang makmur.

Baca Juga  Satpol PP Jakarta Selatan Siap Mengamankan Venue Asian Games 2018

Hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat yang didampingi oleh dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana yaitu Ibu Dewi Ulfah Arini, S.Psi., M.Psi., M.M.  dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi Program Sarjana, di antara nya : Edi sarwono, Henny Agustin, Nurliza Erdiyani S dan Septi Srianingsih S. Kegiatan PMKM ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan Manajemen Administrasi di Karang Taruna yang dilaksanakan secara online melalui Google Meet pada Karang Taruna Rt 002 Rw 014 Desa Cipenjo  Kelurahan Cileungsi Bogor di dampingi oleh Dewi Ulfah Arini, S.Psi., M.Psi., M.M. Dosen  Universitas Pamulang .

Kegiatan PMKM ini didisi dengan penyampaian materi tentang bagaimana menciptakan generasi milenial melalui pelatihan manajemen administrasi yang baik, cara memanajemen administrasi, membuat laporan keuangan karang taruna, serta tantangan dan hambatan dalam menjadi karang taruna yang di sampaikan oleh Edi Sarwono selaku pemateri pertama. Selanjutnya pemateri kedua yaitu Nurliza Erdiyani S menyampaikan materi cara memanajemen tata usaha yang baik, platform digital yang dapat digunakan dalam menunjang dan membatu karang taruna dalam tugasnya serta implementasi kepada masyarakat sekitar.

Dengan adanya PMKM ini dapat memberikan pemahaman kepada pemuda karang taruna untuk menumbuhkan manajemen administrasi yang baik, mengetahui cara-cara laporan keuangan, serta mengetahui apa saja hambatan dan kendala yang dihadapi oleh pemuda karang taruna agar pemuda karang taruna tetap produktif di masa pandemi covid 19 ini dan tetap bisa membantu masyarakat sekitar.

Kontributor : Edi Sarwono (Prodi Akuntansi – Fakultas Ekonomi dan Bisnis – universitas Pamulang)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply