Prodi Teknik Mesin Jalin Kerjasama dengan PT. Avia Technics Dirgantara

TangselMedia-Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang berkomitmen untuk mencari terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa. Sebagai jurusan yang berkaitan erat dengan kontruksi, manufaktur dan konversi energi, Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang memandang perlu untuk meluaskan jalinan kerjasama dengan berbagai instansi untuk menjembatani mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian. Salah satu bidang yang sangat menarik perhatian mahasiswa Universitas Pamulang adalah bidang kedirgantaraan, khususnya maintenance pesawat terbang. Hal ini cukup dimaklumi mengingat di wilayah Jakarta dan Tangerang yang berdekatan beberapa bandar udara. Sektor maintenance pesawat terbang tentu menjadi peluang kerja yang cukup baik.

Salah satu perusahaan yang melayani jasa maintenance, repair, dan overhaul pesawat terbang (MRO) di Indonesia adalah PT. Avia Technics Dirgantara atau lebih dikenal dengan FL. Technics Indonesia. Perusahaan ini didirikan di Lithuania pada tahun 2005 dan telah berekspansi ke beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. FL. Technics mulai hadir di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta sejak 2015 silam dengan nama PT. Avia Technics Dirgantara. Sudah banyak maskapai penerbangan Internsional yang mempercayakan perawatan pesawat-pesawatnya pada perusahaan ini. PT. Avia Technics Dirgantara berlokasi di Terminal 2 Bandara Soekarno – Hatta.

Baca Juga  Sherly Elustre Korban Pelecehan Dan Penjambretan Mengalami Trauma Mendalam

Dilatarbelakangi berbagai kepentingan di atas, maka Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang baru-baru ini telah menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan pelatihan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh kaprodi teknik mesin Nur Rohmat, S.T., M.T. dan direktur PT. Avia Technics Dirgantara Martynas Grigalavicius. Penandatanganan dilaksanakan pada Selasa, 19 Oktober 2021. Kerjasama ini dijalin sebagai turunan dari kesepakatan bersama yang terlebih dahulu dijalin oleh Universitas Pamulang.

“Melalui kerjasama ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak”, tutur Nur Rokhmat.

Ia meyakini kerjasama ini saling menguntungkan. Bagi prodi teknik mesin khususnya adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan wawasan kedirgantaraan melalui program pendidikan dan pelatihan untuk mencetak sarjana-sarjana teknik mesin yang memiliki wawasan luas, salah satunya adalah pengetahuan tentang maintenance-repairing-overhaul (MRO) pesawat terbang (MRO).***

Kontributor: Abdul Choliq (Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply