Mengenali Kampus STAN Bintaro Yang Populer

Mengenali Kampus STAN Bintaro Yang Populer

foto: edunews

TangselMedia – Mengenali Kampus STAN Bintaro Yang Populer, Kampus ini merupakan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang berada di Jalan Bintaro Utama Sektor 5 Tangerang Selatan, sekolah ini adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang memberikan beasiswa penuh kepada para mahasiswanya.

Jadi, mahasiswa tidak perlu membayar segala bentuk pembayaran yang berkaitan dengan perkuliahan, mahasiswa hanya dibebankap biaya hidup pribadi seperti biaya makan dan kos-kosan, selain itu lulusan dari universitas ini di tempatkan di instansi keuangan negara yang berada dibawah naungan kementrian keuangan republin indonesia.

Mengenali Kampus STAN Bintaro Yang Populer

Tentunya menjadi salah satu mahasiswa STAN merupakan kebanggaan tersendiri karena untuk bisa duduk di bangku kuliah STAN ini memerlukan perjuangan yang sangat ekstra karena harus menyingkirkan begitu banyak kompetitor.

Pertama yang akan kita ulas mengenai kampus dari STAN bintaro yaitu adalah sejarah dari Politeknik Keuangan Negeri Stan yang merupakan kampus terbaik yang ada di daerah bintaro, tentunya dibawah ini adalah informasi mengenai sejarah dari PKN STAN.

Sejarah Politeknik Keuangan Negara STAN

PKN STAN merupakan perguruan inggi vokasi di bawah naungan kementrian keuangan republik indonesia yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara sesuai dengan Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 bentuk tertinggi untuk pendidikan vokasi ialah Politeknik, yang dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari D1 hingga Doktor (S3) terapan.

Mengenali Kampus STAN Bintaro Yang Populer

foto: menpan

Selanjutnya yaitu PKN STAN diresmikan pada tanggal 15 juli tahun 2015 berdasarkan peraturan menteri keuangan republik indonesia nomor 137/PMK.01/ 2015 tentang organisasi dan tata kerja politeknik keuangan negara stan, PKN STAN ini merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Perjalanan sejarah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah sebagai berikut.

  1. Pertama pada tahun 1952 Kursus Djabatan Ajun Akuntan meliputi Ajun Akuntan Negara di bandung dan Ajun Akuntan Pajak di Jakarta yang merupakan perkembangan pertama.
  2. Selanjutnya pada tahun 1957 Akademi Pajak dan Pabean akademi ini awalnya bernama Akademi Pajak yang dibentuk pada tanggal 4 oktober 1956.
    1. Berikutnya 1958 Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara didirikan setelah AP2 dibubarkan dan terdapat empat jurusan yaitu Akuntansi, Pajak Umum, Bea Cukai, dan Kebendaharaan Umum.
    2. Pada tahun 1959 ketika periode didirikannya STIKN terdapat beberapa sekoalh bidang keuangan lainnya diantaranya adalah Akademi Treasury Negara yang dibentuk pada tahun 1959 oleh departemen keuangan, dimana akademi ini didirikan dalam rangka menyediakan tenaga ahli yang kompeten di bidang keuangan negara.
    3. Kemudian 1963 Akadei Dinas Pemeriksa Keuangan yang didirikan Badan Pemeriksa Keuangan, akademi ini berawal dari sebuah kursus dan masa pendidikannya selama 5 tahun.
    4. Selanjutnya 1967 Institut Ilmu Keuangan yang merupakan integrasi dari STIKN, ATN, dan ADPK dimana institut ini setara dengan perguruan tinggi negeri yang menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, ada empat jurusan yaitu Akuntansi, Pajak Umum, Bea Cukai, dan Kebendaharaan Umum, dan IIK akihrnya di tutup pada tahun 1975.
    5. Berikutnya 1974 Kampus STAN bukanlah transformasi dari IIK, STAN adalah salah satu pusdiklat dibawah Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan (BPLK) di tahun ini ijin penyelenggaraan pendidikan akuntan didapatkan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
    6. Kampus STAN Bintaro mulai digunakan pada tahun 1988, 2 tahun setelah peresmiannya oleh Mneteri Keuangan Republik Indonesia saat itu pada tanggal 16 juli 1986.
    7. Dan di tahun 2015 Baru keluar peraturan menteri keuangan republik indonesia nomor 137 / PMK.01 / 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN yang menandai berdirinya Politeknik Keuangan Negara STAN, kemudian STAN mendapatkan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari diploma I hingga Doktor (S3) terapan.
Baca Juga  Mahasiswa FISIP UIN Jakarta Lolos Seleksi PPAN

Selain sejarah dari PKN STAN, dibawah ini adalah beberapa jurusan yang terdapat di PKN STAN yang menjadi salah satu universitas yang favorit di daerah bintaro, tentunya bisa menjadi pilihan kalian untuk memilih universitas yang favorit.

Macam Macam Jurusan di Politeknik Keuangan Negara STAN

Berikut dibawah ini adalah beberapa jurusan yang ada di Politeknik Keuangan Negara STAN yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru di tangsel.

Mengenali Kampus STAN Bintaro Yang Populer

foto: tirto

  • Akuntansi D-III & D-IV
  • Pajak ( D-III pajak, D-III PBB / Penilai, Diplima I Pajak )
  • Kepabeanan & Cukai ( D-III Kepabeanan & Cukai, D-I Kepabeanan & Cukai, Publikasi BC )
  • Manajemen Keuangan ( D-III Kebendaharan Negara, D-III Manajemen Aset, D-I Kebendaharaan Negara )

Nah,  itu adalah beberapa jurusan yang tersedia di Politeknik Keuangan Negara STAN yang merupakan pilihan favorit untuk calon mahasiswa baru yang ada di daerah tangerang selatan merupakan universitas favorit yang sering dipilih dan menjadi tujuan dari para peserta atau calon mahasiswa baru khususnya di daerah tangerang selatan.

Bagaimana? Tentunya sekarang Anda sudah mengetahui mengenai informasi tentang Politeknik Keuangan Negara STAN, tentunya Anda bisa mendapatkan universitas tersebut bisa menjadi salah satu pilihan atau tujuan Anda masuk ke perguruan tinggi, karena memiliki fasilitas yang terbaik dan tentunya sangat nyaman.

Related Posts

Leave a Reply