7 Bangunan Sangat Bersejarah di Daerah Tangerang

Banten 0
7 Bangungan Sangat Bersejarah di Daerah Tangerang

foto: triptrus

TangselMedia – 7 Bangunan Sangat Bersejarah di Daerah Tangerang, Bukan hanya kota jakarta yang memiliki bangunan bangunan yang bersejarah. Banungan bersejarah juga terdapat di daerah tangerang dan merupakan salah satu sejarah yang penting untuk dibahas. Hal ini menunjukan bahwa indonesia memiliki banyak bangunan bersejarah yang tidak hanya terletak di pusat ibukota saja.

Bangunan bersejarah di tangerang ini merupakan sejarah yang penting yang perlu diketahui bagi kalian yang berada di daerah tangerang, tentunya sejarah ini merupakan sangat penting agar bisa mendapatkan informasi dan ulasan mengenai sejarah tersebut.

7 Bangunan Sangat Bersejarah di Daerah Tangerang

Sejarah merupakan salah satu informasi yang sangat penting dan tidak boleh sampai dilupakan, nah berikut dibawah ini adalah beberapa bangunan yang bersejarah di daerah tangerang, tentunya Anda bisa mendapatkan informasinya ada dibawah ini.

1. Reruntuhan Benteng

foto: tripadvisor

Sejarah yang pertama ialah reruntuhan benteng, kota benteng iini sering disematkan pada kota tangerang, VOC mendirikan sebuah benteng pertahanan di dekat Sungai Cisadane dan sebagai benteng pertahanan  yang ditempati oleh Bupati Tangerang I ketika terjadi serangan dari Kesultanan Banten, namun sudah lama benteng ini sejak tahun 1812 sudah tidak dirawat lagi berdasarkan laporan dari Superintendant of Public Building and Work.

2. Pasar Lama Tangerang

foto: tribunnews

Selanjutnya adalah Pasar Lama Tangerang yang merupakan salah satu ikon sejarah Kota Tangerang. Pasar ini berada dekat dengan sungai Cisadane, pasar ini merupakan pasar rakyat yang disukai oleh warga Kota Tangerang. Barang yang ada disini ditawarkan dengan kualitas yang bagus dan terbaik, tentunya tetap lebih murah dari harga pasar swalayan. Pasar lama tangerang sendiri adalah pasar tradisional tertua dan cikal bakal kota dari keberadaan kota tangerang.

3. Klenteng Boen Tek Bio

foto: indonesiakaya

Berikutnya adalah sejarah bangunan yang ada di tangerang yaitu Klenteng Boen Tek Bio yang merupakan Kuil Literatur dan Kebajikan, kuil ini merupakan kuil Tionghoa tertua di daerah tangerang, klenteng ini berada di lokasi sudut Jalan Bhakti dan Jalan Cilame di Kawasan Pasar Lama yang merupakan lokasi dari Klenteng Boen Tek Bio. Tempat ini dibangun pada tahun 1684 dan menjadi bagian penting dari sejarah tangerang.

Baca Juga  Open House IULI 2016 Perkenalkan Jenjang Akademik Baru Untuk Mahasiswa

4. Vihara Padumutara

foto: kadamchoeling

Selanjutnya adalah Vihara Padumutara yang berlokasi di belakang Klenteng Boen Tek Bio, tempat ini memberikan kesan sejuk saat Anda memasukinya, vihara ini berukuran sangat besar dan selalu bersih. Diketahui bahwa Vihara ini pernah melakukan kegiatan yang dinamakan acara Puja Bhakti dan Penyulutan 1000 Persembahan Lilin yang merupakan upacara dari agama hindu, acara ini diselenggarakan oleh Vihara Padumuttura, Universitas Buddhi Dharma.

5. Masjid Jami Kali Pasir

6 Bangungan Sangat Bersejarah di Daerah Tangerang

foto: merahputih

Berikutnya untuk bangunan yang bersejarah adalah Masjid Jami Kali Pasir yang berdekatan dengan Kelenteng Boen Tek, masjid ini merupakan masjid tertua di kota tangerang yang berlokasi di bantarain Sungai Cisadane, tepatnya di tengah pemukiman warga Tionghoa, Kelurahan Sukasari tepatnya di tengah pemukiman warga TiongHoa, Kelurahan Sukasari.

6. Museum Benteng Heritage

6 Bangungan Sangat Bersejarah di Daerah Tangerang

foto: nativeindonesia

Selanjutnya adalah Museum Benteng Heritage yang berada di tengah Pasar Lama dan memiliki dua tingkat, lantai satu dari bangunan ini dijadikan lokasi restoran, tempat berkumpul, tempat berjualan, kenang-kenangan dan sebagainya, lantai kedua bangunan ini dijadikan sebagai tempat koleksi museum yang bersejarah.

7. Taman Makam Pahlawan Seribu

6 Bangungan Sangat Bersejarah di Daerah Tangerang

foto: abouttng

Bangunan sejarah yang terakhir adalah Taman Makam Pahlawan Seribu yang merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ada di tangerang tepatnya di kawasan BSD Serpong, tempat ini diberikan nama Taman Makan Pahlawan Seribu karena pertempuran yang melibatkan sangat banyak laskar perlawanan, sekitar ribuan orang dari laskar perlawanan rakyat banten yang berasal dari daerah Tejo, Madja, dan sekitar Rangkas Bitung yang dipimpin oleh Kyai setempat.

Bagaimana? Sekarang tentunya Anda sudah mengetahui mengenai sejarah yang ada di daerah tangerang, tentunya sejarah bangunan yang ada di daerah tangerang bisa Anda ketahui dengan mendapatkan informasinya yang telah kami ulas diatas tentunya semoga semua informasi dan ulasan kami bermanfaat dan bisa menjadi wawasan yang terbaik.

Related Posts

Leave a Reply