Pesona Pantai Pulau Manuk, Banten

Wisata
Pantai pulau manuk

Image credit : disbudpar.bantenprov.go.id/

TangselMedia.com – Tidak sedikit dari kita yang menyukai suasana sore dan langit yang kemerah-merahan menyajikan pemandangan yang sangat eksotik. Jika anda adalah salah satu penikmat wisata alam terutama pantai dan menyukai sunset, cobalah untuk datang ke salah satu pantai yang ada di Kecamatan Bayah, Banten. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Pulau Manuk. Pantai Pulau Manuk sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang dimana salah satunya adalah tentang romusha pada zaman penjajahan jepang. Mereka yang dipaksa untuk bekerja rata-rata dipekerjakan sebagai pekerja tambang.

  • Sejarah Pantai Pulau Manuk

Konon pantai ini dinamakan pantai Pulau Manuk karena banyaknya burung burung yang singgah di tempat ini dan datang dari berbagai tempat baik lokal maupun dari luar negeri. Selain bisa menikmati keindahan alam serta suasana pantai yang menyenangkan, di pantai sawarna anda juga akan menemukan banyak sekali monyet-monyet liar berbulu pelebat berwarna kelabu dan tidak terlalu membahayakan. Justru sebaliknya, monyet monyet tersebut banyak dan sangat bersahabat apabila ditawarkan makanan yang dibawa oleh pengunjung.

Di pantai ini kita bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari menikmati pemandangan alam, memancing dan lain lain. Tidak jauh dari tempat ini terdapat pemukiman penduduk yang mata pencaharian mereka adalah nelayan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata disamping menikmati ombak di pantai pulau manuk.

 

  • Objek Wisata

Namun, disamping sejarahnya yang kelam, pantai ini sejatinya sangat indah dan menarik terlebih apabila kita melihat pasir putihnya yang bersih serta airnya yang jernih.

Pantai ini tidak jauh dari desa wisata sawarna sehingga kita bisa kita akses dengan cukup mudah baik menggunakan kendaraan bermotor maupun dengan menggunakan sepeda. Apabila anda memiliki jiwa petualang, anda bisa menggunakan sepeda sambil menikmati pesona alam yang ada di antara Desa Sawarna dan juga Pantai Pulau Manuk.

Selain itu, Perahu perahu yang ditempatkan milik nelayan menjadi pemandangan tersendiri yang cukup menarik dan bisa anda kunjungi.

Pulau manuk sendiri sebenarnya sedikit menjorok ke tengah laut dan tampak muncul dipenuhi dengan batu karang yang kokoh. Konon di tempat itu juga banyak dihuni oleh ular berwarna belang hitam dan perak. Penduduk setempat percaya bahwa mereka tidak diperbolehkan untuk membunuh dengan alasan apapun.

Sajian panorama alam yang indah akan membuat anda terpesona karena di Jawa Barat memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Tidak hanya itu, orangnya yang ramah, cuacanya yang bersahabat akan membuat anda betah untuk berlama lama menikmati suasana alam saat berkunjung ke Pantai Pulau Manuk.

 

  • Akomodasi & Tiket

Panjang jalan anda akan menemukan banyak yang menjual minuman dan juga makanan ringan termasuk kelapa muda yang dihargai sekitar Rp 5.000 per buah.

Pantai pulau manuk sendiri dapat diakses setiap hari namun, karena pantai ini dikelola oleh badan perhutani maka anda yang akan masuk harus membeli tiket terlebih dahulu seharga Rp 5.000.

Alamat Pantai Pulau Manuk

Kecamatan Bayah, Banten

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.