PKM Mahasiswa Unpam Berikan Penyuluhan Perawatan Sepeda Sepeda Motor Matic di Tenjo, Bogor

TangselMedia-Perkembangan dunia otomotif khususnya sepeda sepeda motor berkembang begitu pesat dalam kurun waktu belakangan ini. Seperti yang diketahui bahwa terdapat dua jenis sepeda sepeda motor, yaitu sepeda sepeda motor matic dan sepeda sepeda motor manual. Saat in, baik laki-laki maupun perempuan lebih sering menggunakan sepeda motor matic karena memang lebih mudah dalam mengoperasikan. Seiring banyaknya sepeda motor matic yang dipakai oleh masyarakat, tentu bengkel yang melayani jasa perawatan sepeda motor semakin ramai, bahkan sampai mengantri. Dilatarbelakangi hal tersebut, sebagai bentuk peran aktif mahasiswa dalam masyarakat, maka sekelompok mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), yang bertemakan ‘Perawatan Sepeda motor Matic”

Lokasi yang dipilih sebagai tempat PKM adalah Kampung Banar RT 01 RW 05 Desa Ciomas Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Untuk mencapai lokasi pelaksanaan PKM membutuhkan ekstra kesabaran . Disamping harus berbagi jalan dengan kendaraan berat pengangkut batu maupun pasir, juga harus melewati jalan yang rusak sebagai imbas dari overload kendaraan tersebut. Namun, buah dari kesabaran tadi akan terbayar dengan  sensasi pemandangan bentang alam pegunungan dan  lembah serta hamparan kebun sawit  yang  hijau.

Tema yang dipilih dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat tentang perawatan sepeda motor matic cukup  relevan dengan kondisi banyaknya sepeda sepeda motor matic di daerah tersebut, namun bengkel jasa perawatan sepeda motor matic masih jarang. Untuk menjaga performa sepeda motor matic tetap handal ,diperlukan perawatan rutin dan baik. Cara perawatan sepeda motor jenis ini sepatutnya dipahami oleh masyarakat. Apalagi mengingat saat ini sepeda sepeda motor sudah termasuk dalam kebutuhan penting.

Baca Juga  Cara Menjalani Hidup Produktif di Rumah Selama PPKM Darurat

Dalam kelompok PKM ini terdapat lima mahasiswa yaitu Muhamad Aldi sebagai ketua, Sandi Ikrar, Lutfi Khairi Anwar, Deden Sudrajat serta Popo Widianto sebagai anggota kelompok. Sebagai perwakilan masyarakat terdapat enam orang yang berasal dari lingkungan tempat pelaksanaan PKM. Materi yang disampaikan adalah tentang bagaimana merawat maupun memperbaiki sepeda motor matic mulai dari merawat sistem pengereman, mengganti kampas rem, shock breaker, mengganti oli mesin, sampai dengan bagaimana cara mengganti dan merawat part yang ada dalam CVT sepeda motor matic.  Dengan kegiatan ini diharapkan agar masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan PKM mampu melakukan perawatan sepeda motor maticnya sendiri dan sebagai pemicu untuk membuka peluang usaha dibidang perawatan sepeda sepeda motor.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Juni tersebut dihadiri oleh Bapak Suryadi selaku ketua RT. 01 RW. 05 Kampung Banar dan Bapak Abdul Choliq ST.MT selaku wakil dari prodi Teknik Mesin sekaligus dosen pembimbing. Peserta juga diberi pengetahuan tentang tips-tips merawat sepeda motor matik yang simple namun penting dilakukan seperti memanaskan sepeda motor sebelum digunakan, menghindari membawa beban berlebih dan lain lain.

Setelah pemaparan materi diselesaikan, acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah antara para mahasiswa, warga peserta PKM, dan beberapa tokoh masyarakat. Tidak lupa dilakukan foto bersama untuk dokumentasi, dan terakhir santap siang bersama sebelum kembali ke kediaman masing-masing.***

 

Kontributor : Muhamad Aldi (Mahasiswa Teknik Mesin UNPAM)

Related Posts

Leave a Reply