Mahasiswa Teknik Mesin Unpam Sosialisasikan Pemahaman Tentang Panel Surya Melalui PKM di Ciomas Tenjo, Bogor

TangselMedia-Sebagai implementasi peran penting mahasiswa di tengah masyarakat, maka beberapa mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang (UNPAM) pada tanggal 13 Juni 2021 lau melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Lokasi yang dipilih adalah Desa Ciomas Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor Jawa Barat. Lokasi tersebut berada di daerah perbatasan antara wilayah Tenjo-Jasinga. Lokasi yang masih cukup asri karena letaknya yang berada di wilayah perbukitan dengan hamparan sawah dan perkebunan sawit.

Kelompok PKM mahasiswa terdiri dari 5 Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang, antara lain Agis Permana sebagai ketua kelompok, Febi Pratama Putra, Handika Rahayu, Mochammad Irfan Setiawan, dan Yogi Okta Rizki. Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari ini diikuti sekitar 10 orang warga yang kebanyakan terdiri dari pemuda-pemuda setempat.

Tema yang diambil dalam PKM kali ini adalah “Sosialisasi Tentang Pemahaman Panel Surya”. Tema mengenai energi terbarukan dengan memanfaatkan sinar matahari menjadi energi listrik yang menggunakan efek photovoltaic. Sebagaimana telah diketahui bahwa saat ini energi terbarukan yang dihasilkan matahari merupakan energi yang sangat potensial namun belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga belum tergarap secara maksimal. Dalam materi yang disampaikan, peserta dari warga Kp. Banar dikenalkan tentang komponen-komponen panel surya, fungsi, pemasangan, dan cara perawatannya. Tujuan yang ingin dicapai adalah agar masyarakat dapat mengenal serta memahami tentang energi terbarukan yang dihasilkan dari sinar matahari dengan mengkonversi menjadi sumber listrik dengan menggunakan perangkat panel surya.

Secara singkat dijelaskan bahwa panel surya merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk merubah cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic, yaitu menyerap cahaya matahari, menampung, dan merubahnya menjadi energi listrik, dan kemudian menyimpannya ke dalam baterai. Listrik yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan perangkat-perangkat elektronik. Manfaat yang diperoleh ketika menggunakan panel surya sebagai sistem tenaga listrik dirumah adalah menghemat tagihan listrik, ramah lingkungan serta mudah diterapkan di Indonesia yang negara tropis dan kaya akan sinar matahari.

Baca Juga  Salimah Selenggarakan Pelatihan Public Speaking dan MC Bagi Ibu-Ibu Majelis Taklim

Dalam kegiatan tersebut peserta juga diajak secara langsung menyaksikan video penjelasan tentang panel surya yang berdurasi 7 menit, mulai dari pengenalan panel surya, proses pembuatan panel surya, struktur yang terdapat pada panel surya, serta cara kerja panel surya hingga dapat menghasilkan arus listrik. Peserta juga diberikan edukasi tentang perkembangan teknologi untuk mengolah energi terbarukan. Sumber-sumber energi tersebut ternyata tersedia dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung, salah satunya adalah energi matahari ini.

Meskipun pelaksanaan PKM berlangsung singkat, namun manfaat kegiatan PKM cukup dirasakan dan disambut antusias oleh para peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung secara periodik dan kontinyu. Selepas acara kegiatan PKM, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dengan warga pesertadan di lanjutkan dengan santap siang bersama. Turut hadir dalam pelaksanaan PKM Bpk. Suryadi selaku Ketua RT.01 RW. 05 Kp. Banar Desa Ciomas dan Bp. Reza Maulana sebagai salah satu tokoh masyarakat setempat. Mendampingi para mahasiswa, hadir salah satu dosen Teknik Mesin UNPAM Bpk. Abdul Choliq S.T., M.T. yang mewakili Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang. Pada waktu yang sama, di lokasi yang tidak berjauhan juga dilaksanakan PKM oleh kelompok mahasiswa UNPAM yang lain, sehingga acara ramah tamah bersama warga terasa semakin hangat dan meriah.***

Kontributor : Agis Permana (Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang)

 

Related Posts

Leave a Reply