Prodi Teknik Industri Unpam Gelar PKM Perancangan Alat Press Packaging Produk Kripik Singkong Di Pandeglang

TangselMedia-Pada Hari Sabtu dan Minggu tanggal 5 dan 6 Desember 2020, telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. PKM berjudul Perancangan Alat Press Packaging Produk Kripik Singkong dan Kripik Pisang Untuk Usaha UMKM Masyarakat Kampung Situ, Desa Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. Kegiatan PKM ini diketuai langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Untuk pemateri oleh Bapak Sofian Bastuti, S.T, M.T dan Bapak Mualif, M.Pd.I. Disamping dosen juga melibatkan tiga mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri Zamrud Falaq Qodri, Neng Ita Rosita dan Dela Puspitasari.

UMKM merupakan usaha bersifat sederhana dan tradisional, baik dalam hal organisasi, manajemen, metode, pola produksi, teknologi, tenaga kerja, produk, dan lokasi usaha, sehingga kebanyakan berasal dari wilayah pedesaan. UMKM juga membuat barang-barang untuk keperluan konsumsi, seperti: makanan dan minuman, pakaian jadi, peralatan rumah tangga. Produk yang di hasilkan memiliki wilayah pemasaran tersendiri yang melayani kelompok pembeli tertentu, masyarakat umum bahkan sudah ada yang mampu memasuki pasar global.Masyarakat Kampung Situ, Desa. Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. Rata-rata masyarakat disini berkebun, hasil perkebunannya di jadikan olahan seperti keripik singkong dan keripik pisang. Salah satu yang membuat kualitas dari makanan itu adalah dari packaging, dengan packaging yang baik akan menghasilkan produk yang berkualitas.

Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu masyarakat Kampung Situ, Desa Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi dalam mengembangkan usaha UMKM. Secara khusus tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu mendampingi masyarakat untuk mengembangkan UMKM dengan perancangan alat press packaging produk kripik singkong dan kripik pisang, membantu untuk menciptakan kreativitas masyarakat dalam membuat suatu produk, membantu membina berkelanjutan. Hal mendasar yang ditawarkan untuk ikut memecahkan masalah adalah melalui kegiatan pembinaan dan pendampingan masyarakat Kampung Situ, Desa. Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang.

Baca Juga  Sabi Wok Hadir Dalam Kemasan Menarik

Permasalahan yang dialami pada usaha UMKM ini adalah masalah packaging yang masih menggunakan alat tradisional. Jadi dampak dari packaging yang kurang baik akan menimbulkan kualitas dari produk tersebut menurun. Solusi permasalahan yang akan kami lakukan adalah melalui kegiatan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat Kampung Situ, Desa. Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, mengenai sosialisasi pentingnya packaging yang baik untuk produk kripik singkong dan kripik pisang.

Fokus dari kegiatan PKM adalah membuat kemasan produk bahwa kemasan dan label produk dengan pendekatan desain grafis sesuai standar kemasan akan berpengaruh terhadap konsumen produk. Namun sebelum membuat kemasan produk ada beberapa kegiatan pendukung yang dilakukan terlebih dahulu. Sebelum ke kemasan produk perlu memerhatikan kualitas produk, dan meningkatkan kesadaran dan pemahaman mitra tentang pentingnya promosi produk.

Pada kegiatan PKM dihadiri masyarakat dan mempraktekkan cara dalam pemakaian alat press packaging. Setelah melakukan penyuluhan, diskusi dan simulasi tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang memberikan Alat Press Packaging tersebut kepada masyarakat Kampung Situ, Desa. Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang agar alat tersebut dipakai atau digunakan untuk kemajuan usaha UMKM. Dengan adanya Alat Press Packaging dapat meningkatkan pembuatan produk keripik singkong dan keripik pisang. Sehingga perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik dan lancar. (Rini Alfatiyah)

Related Posts

Leave a Reply