PKM Prodi Teknik Industri Unpam Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun Di Lebak

TangselMedia-Demi tercapainya produktivitas masyarakat di Desa Cihujan Kec. Cijaku Kabupaten Lebak Banten, Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang sebagai salah satu Universitas melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pelatihan Pembuatan Sabun Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Masyarakat” yang dilakukan melalui tatap muka dan sesuai dengan protokol kesehatan. Pengabdian tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Cihujan, ketua BPD, anggota PKK,anggota posyandu, para santri,dan warga penduduk desa, Sabtu  05 Desember 2020 (05/12/2020).

Kegiatan ini merupakan  salah satu kewajiban dosen  untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu melakukan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Para dosen Universitas Pamulang (Adi Candra , S.T.,M.T, Agus Taufik, S.T.,M.T dan Estiningsih, S.T.,M.T )  serta mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang ( Aurelia Putri Korompis, Izha Navizha Bahranizha dan Siti Choirunnisa) melakukan kegiatan PKM di desa Cihujan Kec. Cijaku Kab. Lebak, Banten.  Bedah Marwiyah S.E selaku Kepala Desa Cihujan Kec. Cijaku Kab. Lebak,  Banten mengucapkan “terimakasih atas kedatangan tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Pamulang dan ilmu yang telah disampaikan, dan diharapkan masyarakat desa Cihujan dapat menerapkan nya sebagai salah satu bentuk usaha UMKM  desa demi meningkatkan produktivitas masyarakat”.

Selain itu, Adi Candra, S.T.,M.T selaku Ketua Pelaksana PKM dalam pengabdian tersebut menyampaikan “kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bukti nyata salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.  Pengabdian dilakukan di desa Cihujan karena UMKM didesa Cihujan dinilai masih rendah, sehingga PKM ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat”.  Selain itu Adi Candra, S.T.,M.T  juga mengucapkan Terimakasih atas partisipasi masyarakat sekitar yang ikut serta membantu sehingga kegiatan PKM berjalan dengan lancar dan ilmu yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya  dan diharapkan setelah diadakan PKM ini dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga  Safwah Bintaro, Hotel Tersembunyi Namun Asri

Estiningsih, S.T.,M.T  selaku dosen Universitas Pamulang dan pemateri dalam kegiatan PKM tersebut menyampaikan materi dengan langsung ke praktek dan diskusi pembuatan sabun pencuci piring serta  mengajak para peserta PKM untuk terjun langsung dalam pembuatan sabun pencuci piring yang dibantu oleh mahasiswa. “Ibu-ibu, teteh- teteh dan ade-ade semua pembuatan sabun pencuci piring ini sangatlah mudah, alat dan bahan yang digunakan sederhana dan bahannya aman untuk digunakan, ibu-ibu dapat menggunakan peralatan yang ada di dapur yang terpenting adalah kesabaran dalam proses pengadukan karena kalau tidak akan banyak busa yang dihasilkan”, ungkap ibu Estiningsih saat menyampaikan dan mempraktekan pembuatan sabun pencuci piring.

Dengan diadakannya kegiatan PKM ini, harapan ke depannya target PKM dapat tercapai sesuai harapan Pemerintah dan pogres sosialisasi Program Studi Teknik Industri dapat berjalan lancar. Sehingga, hal tersebut dapat membuahkan hasil yang maksimal bagi Universitas Pamulang.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply